0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Athok, Duta Generasi Berencana

Athok Shofiudin Ma’arif (ist)

Solo — Pada 2015, Athok lengkapnya Athok Shofiudin Ma’arif dinobatkan sebagai Perwakilan Kota Solo dalam ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) di Provinsi Jawa Tengah. Ia berhasil menjadi runner up 1. Desember 2017 lalu, Athok juga ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Peringatan Hari AIDS Sedunia bersama Komisi Penanggulangan AIDS Kota Surakarta. Selain itu, Athok adalah Ketua Forum Remaja Generasi Berencana Kota Surakarta. Hal ini menjadi motivasi besar bagi  Athok untuk dapat terus berkontribusi secara aktif dalam memerangi penyebaran virus HIV/AIDS di kalangan remaja.

“Begitu masih banyak remaja yang tidak mengetahui HIV/AIDS sebagai penyakit yang mematikan. Pun masih banyak stigma di masyarakat untuk mengucilkan pengidap penyakit tersebut. Padahal sebenarnya, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) justru lebih membutuhkan support dan rangkulan dari kita semua,” ungkap Athok, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) itu kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Kamis (1/2).

Upaya Athok turun tangan mengedukasi masyarakat adalah dengan bergabung dalam pemilihan Duta Genre. Untuk membantu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyosialisasikan program genre terhadap remaja. Athok pun didapuk sebagai Ketua Forum Remaja Genre Kota Surakarta.

Program genre yang terdapat pembinaan remaja, bertujuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja melalui wadah Forum Remaja Genre. Forum Remaja Genre dibentuk untuk mewujudkan Tegar Remaja, yakni remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari tiga risiko seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA (TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja). Menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera. Dan menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya.

“Saya bertekad besar dalam mengedukasi remaja. Untuk bersama-sama bisa terhindar dari TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja. Apalagi saya sebagai calon dokter,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge