0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

BNNP Ungkap TPPU Narkoba di Sukoharjo, Ini yang Disita

BNNP Jateng mengungkap TPPU Narkoba di Mojolaban, Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Dua unit rumah senilai Rp 400 juta di Duaun Jatimalang, Desa Joho, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo disita petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (1/2). Diduga kuat rumah tersebut dibeli dari penjualan Narkoba oleh tersangka yang saat ini tengah menjalani hukuman di Lapas Kedungpane, Semarang.

“Penyitaan aset di Mojolaban, Sukuharjo ini pengembangan kasus Narkoba dengan terpidana Sutrisno alias Babe yang tengah menjalani hukuman. Babe selama dipenjara ternyata masih mengendalikan transaksi Narkoba dan kini terjerat Tidak Pidana Pencucian Uang (TPPU),” kata Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol TribAgus Heru.

Rumah tersebut berada di Dusun Jatimalang, RT 05/ II, Desa Joho, Kecamatan Mojolaban atas nama Sulistyowati. Rumah atas nama anak Babe, ini terdiri dari dua rumah yang berdampingan, masing-masing memiliki luas 70 meter persegi dengan nilai Rp 200 juta per rumah.

Selain Sutrisno alias Babe yang ditangkap Januari 2017, petugas BNNP Jateng juga menangkap Sulistyowati pada Oktober 2017. Anak kandung Babe ini sempat menjadi DPO dan berpindah-pindah sebelum akhirnya ditangkap karena terbukti ikut mengelola m-banking bisnis Narkoba ayahnya.

“Kita juga menyita satu unit sepeda motor Honda Vario senilai Rp 15 juta dan uang tunai senilai Rp 218 juta yang tersimpan di tiga rekening berbeda, Sulistyowati, NSH dan TH. Dengan adanya pengembangan kasus ke ranah TPPU ini, artinya Babe sedang menghadapi lima kasus pidana. Dari tiga kasus yang sudah dipersidangan, Babe divonis total 31 tahun penjara,” tandasnya.

Babe dan Sulistyowati dijerat dengan Pasal 3 jo Pasal 10 subsider Pasal 4 jo Pasal 10 UU No 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU. Keduanya diancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge