0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pengajar IAIN Surakarta Raih Doktor UNS

 Pengajar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Woro Retnaningsih saat ujian (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Pengajar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Woro Retnaningsih meraih gelar Doktor UNS dengan nilai 3,64 dan predikat Sangat Memuaskan. Ia mempertahankan disertasi berjudul Tindak Tutur Guru dan Respon Siswa Dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SMP Negeri Surakarta.

“Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan kegiatan interaksi guru dengan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mempunyai keterampilan menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa berpartisipasi aktif di dalamnya,” jelas Woro di depan penguji yang dipimpin Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd di Kampus UNS, Solo, Rabu (31/1).

Dalam kegiatan tersebut, menurut Woro, diperlukan komunikasi yang harmonis di antara keduanya. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari respons positif yang diberikan oleh siswa. Oleh karena itu guru perlu mengembangkan pola komunikasi efektif dalam KBM-nya.

Dengan keterampilan berkomunikasi yang dimiliki, kata Woro, guru dapat memancing partisipasi siswa secara aktif untuk mengeluarkan pendapatnya, mengembangkan imajinasi dan daya kreativitasnya. Sehingga terjadi proses timbal balik yang saling mempengaruhi diantara guru dan siswa, mereka saling bisa memahami informasi, pesan, gagasan, ide, pikiran bahkan juga perasaannya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge