0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

KPU Verifikasi 15 Parpol di Sragen

Komisioner KPU Sragen saat memverifikasi di Sekretariat PKS Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Komisi Pemilihan Umum (KUP) Sragen melakukan verifikasi sejumlah partai politik (Parpol) peserta Pemilu yang ada di Kabupaten Sragen. Satu per satu sekretariatan atau kantor parpol didatangi komisioner KPU yang terbagi dalam dua tim. Verifikasi ini diwajibkan untuk semua Parpol, baik yang lama atau baru.

“Pasca putusan MA (Mahkamah Agung) dengan terbitnya PKPU No 6 tahun 2018, maka semua partai politik peserta Pemilu tahun 2014 maupun parpol baru yang terdaftar harus dilakukan verifikasi secara adil dan setara,” kata Komisioner KPU Sragen Divisi Hukum, Diyah Nur Widowati, Rabu (31/1).

Kepada Timlo.net Diyah menyampaikan, verifikasi bakal dilakukan selama tiga hari sejak Selasa (30/1) hingga Kamis (1/2). Seluruhnya ada 16 parpol yang diverifikasi, satu Parpol diantaranya sudah memenuhi syarat (MS) yaitu Partai Perindo.

Diyah menjelaskan, verifikasi meliputi; Kepengurusan, di mana saat verifikasi ketua partai, sekretaris dan bendahara harus hadir.kemudian keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen juga harus dihadirkan.

“Kemudian terkait kantor apa sewa atau pinjam pakai kita cek. Dan kantor tak akan pindah sampai tahapan Pemilu selesai. Hasil verifikasi apa MS apa TMS nanti kita umumkan tanggal 2 Februari,” jelasnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Sragen, Idris Burhanudin optimis partainya memenuhi syarat (MS) setelah dilakukan verifikasi. Dari domisili kantor, keanggotaan dan keterwakilan 30 persen perempuan sudah memenuhi.

“Walau hasilnya baru nanti tanggal 2 Februari, kita sudah memenuhi syarat semua. Gak ada catatan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge