0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tiap Hari, Satu Guru PNS di Wonogiri Pensiun

Kepala Dinas Dikbud Wonogiri, Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dinas P dan K Wonogiri memastikan setiap harinya ada satu guru PNS yang pensiun. Jika ditotal, dalam satu tahun mencapai ratusan guru. Namun demikian, hingga saat ini rekrutmen untuk formasi guru belum seimbang.

“Jika satu hari ada satu guru PNS yang pensiun, setidaknya dalam satu tahun ada 350 guru PNS yang pensiun,” ungkap Kepala Dinas P dan K Wonogiri Siswanto saat dijumpai Timlo.net, di kantornya, Rabu (31/1).

Tak pelak, kondisi itu membuat jumlah guru PNS di Wonogiri semakin minim. Namun tidak ada penambahan formasi berarti dari pusat untuk CPNS guru di Wonogiri. Otomatis dunia pendidikan pun bergantung dengan keberadaan guru GTT.

Meski begitu, kata Siswanto, kesejahteraan bagi GTT masih jauh di angka ideal. Ia pun menyebut, sejak di era kepemimpinan Bupati Joko Sutopo, nasib kalangan GTT sedikit mengalami perubahan. Dimana Pemkab telah menaikkan insentif kalangan GTT setiap tahunnya.

“Saya rasa wajar, karena beban rekan-rekan GTT ini juga berat, apalagi saat ini mereka justru memainkan peranan penting pada ruang lingkup sekolah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala BKD Wonogiri Rumanti Permanandyiah belum lama ini mengatakan, setiap tahunnya Pemkab Wonogiri mengajukan kuota CPNS sekitar 3000-an, akan tetapi pemerintah pusat hanya merealisasi setengah persennya saja atau sekitar 30 orang. Ia menyatakan, jumlah rekrutmen dan pensiun tidak seimbang.

“Formasi yang paling banyak kita ajukan untuk pendidikan dan kesehatan tapi semua kembali kepada keputusan pemerintah pusat,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge