0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pimpinan DPR Usul Pj Gubernur dari Kalangan Purnawirawan

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan (merdeka.com)

Timlo.net – Wacana penunjukan anggota TNI atau Polri menjadi Penjabat Gubernur di dua provinsi menuai pro kontra. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan menyarankan, pemerintah bisa menunjuk seorang purnawirawan menjadi Penjabat Gubernur.

“Pemerintah seyogyanya sudah purnawirawan, sudah pensiun,” kata Taufik Kurniawan di Jakarta, Rabu (31/1).

Saran ini disampaikan supaya tidak menimbulkan kecurigaan anggota TNI-Polri akan terlibat politik praktis karena rangkap jabatan. Taufik menyebut, usulan ini juga agar tidak memunculkan wacana dwi fungsi ABRI seperti saat orde baru.

“Sehingga kalau rangkap jabatan nanti menimbulkan persepsi politisnya melebar. Ada yang menarik ke dwi fungsi ABRI ada yang menarik ketidakindependenan, pusing kita,” tegas Waketum PAN ini.

Taufik mencontohkan, Mendagri pernah melantik Irjen Carlo Tewu sebagai Plt Gubernur Sulawesi Barat dan Mayor Jendral TNI AD Sudarno sebagai Plt Gubernur Aceh. Kedua jenderal TNI dan Polri tersebut diketahui telah nonaktif setelah ditunjuk menjadi Plt Gubernur.

“Dulu di Sulbar sama di Aceh juga sudah purnawirawan. Jadi silakan merujuk dari Aceh dan Sulbar seseorang bisa ditugasi pemerintah untuk stabilitas politik, dalam kaitan menjaga netralitas di daerah tertentu,” tandasnya.

Diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo akan menempatkan anggota TNI atau Polri menjadi Pj Gubernur Papua. Namun belum ada nama yang diusulkan menjadi Pj Gubernur di bumi Cendrawasih. Tjahjo mengklaim rencana tersebut telah dikonsultasikan dengan Menko Polhukam Wiranto.

“Papua akan saya tempatkan yang sama. Ya bisa polisi, bisa unsur TNI. Gitu aja,” ujar Tjahjo.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge