0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Museum Keris bakal Dilengkapi Sensor Gerak, Ini Fungsinya

Pengunjung Museum Keris (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — UPT Museum Dinas Kebudayaan Solo bakal menambah pengamanan Museum Keris. Hal ini terkait dengan disetujuinya penambahan koleksi Museum Keris oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Mengingat barang-barang ini merupakan koleksi yang berharga, kami mengusulkan tambahan pengamanan,” ungkap Kepala UPT Museum Solo, Bambang MBS, Selasa (30/1).

Penambahan pengamanan tersebut, berupa personel keamanan yang akan menjadi 14 orang, dari jumlah sebelumnya 8 orang. Selain itu perlu juga adanya penambahan Closed Circuit Television (CCTV) yang awalnya berjumlah 16 unit menjadi 32 unit.

Selain penambahan tenaga keamanan dan CCTV, Bambang mengatakan juga perlu menambahkan sensor gerak. Sensor gerak ini berfungsi untuk mendeteksi gerak setiap pengunjug yang masuk sebagai antisipasi kehadian tidak diinginkan. Kedepan, alat semacam inu akan dipasang di pintu masuk Museum Keris.

“Rencananya akan ditambah dengan alat sensor seperti yang sudah terpasang di Museum Radyapustaka,” jelas Bambang.

Dikatakan, pihaknya pernah menerima kunjungan dari seorang pakar museum asal Jerman. Dalam diskusi bersama, diusulkan untuk menambah alat keamanan dengan sensor di setiap instalasi museum sesuai standar keamanan museum internasional. Sensor ini lebih peka lantaran setiap ada gerakan yang mengarah pada koleksi akan berbunyi bahkan saat seseorang menyentuh kaca pengaman.

“Karena alatnya cukup mahal, maka ya baru sekadar perencanaan. Tetapi bila mengacu standar internasional, ya alat ini baik untuk dipasang,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemendikbud memberikan lampu hijau kepada pemerintah kota untuk menambah koleksi pada museum yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada 2017 lalu. Sekitar 1500 bilah keris akan dihibahkan pada museum anyar yang jadi salah satu destinasi wisata Kota Bengawan tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge