0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Pengaruh Super Blue Blood Moon di Dunia Penerbangan

(merdeka.com)

Timlo.net – Air Navigation (AirNav) menyebut fenomena super blue blood moon tak akan berdampak pada aktivitas penerbangan udara di Indonesia. Namun, intensitas hujan tinggi yang disebabkan fenomena ini berpotensi mengganggu aktivitas penerbangan pesawat, terutama saat pesawat melakukan landing. Di indonesia, fenomena super blue blood moon bisa disaksikan Rabu (31/1) malam.

“Kalau sudah berada di udara tak akan berpengaruh, masalah itu kalau hujan tinggi sehingga jarak pandang saat landing menurun,” terang Manager Humas Air Navigation (AirNav), Yohanes Sirait, Rabu (31/1).

Selain masalah jarak pandang, pendaratan pesawat juga akan terganggu jika air hujan yang banyak menggenangi area landasan pacu pesawat.

“Kalau intensitas hujan tinggi, ada potensi aerodrome closed karena landasan pesawat tertutup air, sehingga mengganggu pesawat yang mau landing,” imbuhnya.

Yohanes memastikan, kewaspadaan aktivitas penerbangan terkait supermoon ini sudah disampaikan kepada seluruh stake holder penerbangan di Indonesia. Selain itu, Airnav juga sudah mengeluarkan surat edaran dan instruksi terkait supermoon tersebut, agar maskapai berhati-hati serta waspada terutama dalam kondisi buruk.

Vice President Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, menegaskan, aktivitas kebandarudaraan di 12 Bandara yang dinaunginya tetap berjalan seperti biasanya.

“Sehubungan dengan ini, dapat kami sampaikan untuk aktivitas di bandara tetap berjalan dengan normal. Tidak ada persiapan khusus terkait supermoon malam ini,” kata Yado.

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge