0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nglumpuke Balung Pisah, Javanese Diaspora Akan Menggelar Kegiatan di Solo

Perwakilan Diaspora Jawa dari Kaledonia Baru saat berkunjung ke Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Javanese Diaspora berencana berencana menggelar sejumlah even di Kota Solo pada 2019 mendatang.  Dengan kegiatan itu, diharapkan keturunan etnis Jawa yang saat ini tinggal di sejumlah daerah dan luar negeri dapat terus melestarikan warisan budaya leluhurnya.

“Tahun lalu dan sekarang kegiatan Diaspora Even kita lakukan di Jogjakarta. Dan kedepan kita rencanakan bisa berlangsung di kota Solo,” ujar Ketua Javanese Diaspora, Indra Kusuma P kepada wartawan, Selasa (30/1).

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan itu, menurutnya bertujuan mempertemukan diaspora Jawa dari seluruh nusantara dan dunia. Pasalnya, saat ini keturunan Jawa sudah banyak tersebar diberbagai Negara. Seperti Belanda, Suriname, Korea Selatan, Perancis, Kaledonia Baru dan sebagainya.

“Jadi dengan adanya even itu harapannya bisa nglumpuke balung pisah dan terus melestarikan budaya Jawa. Meskipun saat ini mereka tidak menetap di Jawa,” jelasnya.

Solo dipilih sebagai salah satu lokasi digelarnya kegiatan, karena dianggap dapat merepresentasikan peradaban Jawa. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Basuki Anggoro Hexa dalam kesempatan yang sama menyampaikan sangat mengapresiasi rencana kegiatan yang dilakukan para diaspora. Pasalnya, sebagai orang Jawa sudah seharusnya memang harus dapat mengerti dan memahami budaya yang dimilikinya.

“Kita memang tidak bisa memilih untuk dilahirkan sebagai etnis apa. Sehingga menjadi orang Jawa itu sudah ditakdirkan. Karena itu harus disyukuri, salah satunya dengan cara memahami budaya yang dimiliki,” terang dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge