0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Miniatur Figure Action Mayoritas Dipesan Para Jendral

Seniman pahat Iwan A Wiryawan menunjukan salah satu hasil karyanya berupa miniatur Figure Action (dok.timlonet/nanin)

Boyolali — Sebuah karya seni dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi digeluti seniman lukis di Ngemplak, Boyolali. Adalah Iwan A Wiryawan, yang sejak tahun 2013 menggeluti pembuatan miniatur figure action. Hebatnya, miniatur ini ternyata pemesanya kebanyakan dari jajaran TNI seperti Kopassus, TNI AL, TNI AU, TNI AD dan kepolisian.

“Kebanyakan dari kalangan petinggi TNI (termasuk para jenderal) yang pesan,” kata Iwan, saat ditemui di rumahnya yang juga dijadikan garasi seni, di Perumahan Sawahan Indah, Ngemplak, Boyolali, Selasa (30/1).

Dijelaskan, miniatur dibuat dengan menggunakan bahan fiberglass. Setelah dicetak dan dikeringkan, tahap akhir dilakukan pengecetan. Biasanya, miniatur ini dijual antara Rp 2 juta hingga Rp 15 juta. Dulu,sebelum menggunakan fiberglas, Iwan pernah mencoba menggunakan sabun, namun gagal.

“Yang paling sulit bagaimana wajah sama dengan aslinya, ini yang sangat sulit sekali, beberapa bahkan harus mengulang,” cerita Iwan.

Iwan yang sebetulnya adalah pelukis, mengaku belajar membuat figure action secara otodidak. Selama ini, penjualan miniatur ini dilakukan secara online. Namun, sejak karyanya diketahui kenalanya di jajaran TNI, pemesan miniatur mulai ramai.

“Ini sudah banyak yang pesan langsung, ya dari getok tular temen-temen, bahkan sampai antri,” tambahnya.

Bagi suami Yunita ini, kerajinan miniatur yang ditekuninya tersebut memberikan banyak keuntungan. Meski awalnya sering mengalami kegagalan, namun kini sudah beromset 10 juta perbulanya. Biasanya, miniatur tersebut untuk hiasan kantor atau ruangan. Selain itu juga sering dipakai untuk cendera mata bagi tamu, anggota yang pindah tugas maupun memasuki purna tugas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge