0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Menteri Agama Ingatkan Ulama Jangan Buat Perpecahan

Lukman Hakim Saifuddin (merdeka.com)

Timlo.net – Para ulama diminta tak menyampaikan dakwah yang dapat menimbulkan perpecahan. Hal itu yang disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Selasa (30/1).

“Terutama tokoh agama dituntut kearifannya untuk bagaimana menyampaikan pesan-pesan agama yang tidak justru menimbulkan friksi di antara kita sebagai masyarakat yang majemuk ini,” kata Menteri Lukman.

Dia meyakini bahwa para ulama di Indonesia dapat memilah pesan-pesan mana yang dapat mengganggu ketenteraman masyarakat.

“Saya yakin para ulama kita sudah memiliki takaran atas seperti apa pesan-pesan agama itu disampaikan dan tidak menimbulkan pesan yang destruktif,” ucapnya.

Politikus PPP ini menambahkan, bangsa Indonesia harus memahami bahwa bumi yang majemuk ini adalah bangsa yang agamis. Di sisi lain, agama memang tak bisa dipisahkan dengan politik. Namun, lanjut dia, para tokoh agama harus menjaga kebijaksanaan itu dengan utuh supaya tak menimbulkan friksi.

“Apa lagi aktivitas politik. Ini aktivitas untuk mengurusi umat. Agama itu juga untuk mengurusi masyarakat. Tentu ini tidak bisa dipisahkan,” ujarnya.

“Tapi juga kita umat beragama harus memiliki kearifan untuk bagaimana agar tadi itu pesan-pesan agama yang disampaikan tidak justru digunakan sebagai alat untuk kepentingan politik pragmatisnya saja, sehingga itu berpotensi untuk menyebabkan friksi di tengah masyarakat,” sambungnya.

[rzk]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge