0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

MPR Apresiasi Kunjungan Jokowi ke Afghanistan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Afghanistan (merdeka.com)

Timlo.net – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menanggapi positif kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Afghanistan pada Senin (29/1) kemarin. Dia menilai, kunjungan ke Afganistan sangat penting dan alangkah lebih baik jika hasil pertemuan bisa ditindaklanjuti.

“Saya menyarankan hasil kunjungan Pak Presiden ditindaklanjuti juga agar ekonomi cepat meningkat, hubungan dengan yang lain juga meningkat. Buka penerbangan langsung. Antara Pakistan, India, dan Indonesia yang sekarang enggak pernah ada,” kata Zulkifli Hasan, Selasa (30/1).

Apalagi, katanya, tidak mudah melakukan kunjungan ke Afghanistan seperti yang dilakukan Jokowi.

“Saya kira memang penting membuka hubungan lebih baik, lebih akrab. Karena kita punya hubungan sejarah,” kata Ketua Umum PAN

“Jadi kita sambut gembira apa yang dilakukan Pak Jokowi ke Afghanistan, Pakistan, walaupun tidak mudah. Apalagi di sana kan ada masalah. Tentu kita apresiasi,” tambah Zulkifli.

Di Afghanistan, pengawalan terhadap Jokowi sangat ketat. Jokowi naik mobil berlapis baja dan dua helikopter mengawal dari atas iring-iringan Presiden.

Setibanya di Istana Kepresidenan, Presiden Afganistan Ashraf Ghani langsung menyambut kedatangan Jokowi dengan upacara kenegaraan. Turunnya salju tak menghambat upacara tersebut.

Jokowi mengungkap, alasannya tetap menginjakkan kaki di Afghanistan sebagai bentuk solidaritas untuk negara Muslim yang tengah mengalami konflik tersebut. Menurut Jokowi, Umat Islam adalah korban terbanyak dari konflik, perang dan terorisme.

“Datanya sangat memprihatinkan: 76 persen serangan teroris terjadi di negara Muslim dan 60 persen konflik bersenjata di dunia terjadi di negara Muslim. Lebih jauh lagi, jutaan saudara-saudara kita harus keluar dari negaranya untuk mencari kehidupan yang lebih baik, 67 persen pengungsi berasal dari negara Muslim,” tulis Jokowi dalam akun Facebook miliknya.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge