0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bursa Cryptocurrency Dihack, Jepang Perketat Keamanan

Bitcoin. (CNET.com)

Timlo.net—Salah satu bursa cryptocurrency terbesar Jepang dikabarkan dihack minggu lalu. Hasilnya koin virtual NEM senilai $530 juta hilang. Kejadian ini merupakan insiden keamanan terbesar tahun ini. Jepang sekarang ingin memastikan hal serupa tidak terjadi lagi pada bursa lain di negara itu. Financial Services Agency di Jepang akan memeriksa semua bursa cryptocurrency yang lain.

Badan keuangan negara tersebut juga mendenda Coincheck, bursa yang dihack itu. Mereka diminta menyelesaikan masalah ini dan memperbaiki sistem mereka. Coincheck menghentikan sementara semua transaksi cryptocurrency kecuali Bitcoin pada Jumat (26/1). Mereka juga diperintahkan oleh pemerintah untuk menyerahkan laporan terkait hack itu. Laporan itu juga berisi langkah-langkah detil untuk mencegah hal serupa terjadi lagi. Laporan itu harus diserahkan pada 13 Februari, tulis Ubergizmo.

Jika diperlukan, pemerintah Jepang juga akan melakukan pemeriksaan di tempat untuk semua bursa cryptocurrency yang terdaftar di Jepang. Para operator bursa di Tokyo merasa jika hack besar-besaran itu akan menimbulkan kekuatiran terkait keamanan di antara para pengguna. Hal ini bisa menimbulkan perubahan pada harga cryptocurrency.

Coincheck mengumumkan akhir minggu lalu jika mereka akan mengembalikan dana semua pengguna yang terpengaruh. Pengembalian itu menggunakan dana perusahaan itu senilai $400 juta. Tapi mereka belum menjelaskan bagaimana proses pengembalian dana itu. Badan keuangan Jepang juga belum mengkonfirmasi apakah Coincheck punya dana yang cukup untuk mengganti kerugian para pengguna.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge