0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bikin Surat Palsu, ASN Ditangkap

ilustrasi pungli (merdeka.com)

Timlo.net — Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Sumatera Barat, diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Arosuka. Pelaku berinisial KMD (53) diduga melakukan pungutan liar (pungli).

Disinyalir, KMD melakukan praktik pungli dengan cara menerbitkan surat palsu yang tidak diatur dalam peraturan daerah Kabupaten Solok.

“Tersangka diduga memperjualkan surat jalan atau surat karantina bawang yang hendak dijual masyarakat ke luar daerah,” terang Kapolres Arosuka, AKBP Ferri Irawan saat menggelar press release di Mapolres, Senin (29/1).

Diduga, setiap pedagang yang hendak membawa dagangannya berupa jenis bawang dan produksi hortikultura lainnya keluar daerah, dipungut iuran sebesar Rp 25 ribu/perlembar. Sedangkan surat tersebut, diklaim tersangka sebagai surat jalan atau surat karantina bawang masyarakat.

“Tersangka sendiri ditangkap langsung Kasat Reskrim AKP Doni Aryanto di kawasan Jorong Pasa Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok,” ujar Ferri.

Dijelaskannya, informasi pungli ini berawal dari laporan masyarakat dan pihaknya langsung melakukan pengintaian. Alhasil, tersangka tidak bisa berkutik saat petugas menyambangi kediamannya.

Dalam pengungkapan kasus itu, pihak kepolisian menemukan sejumlah barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 300.000. tidak hanya itu, sebanyak 40 lembar surat jalan atau surat karantina bawang merah dengan cap stempel dan di tandatangani Kepala UPT turut disita.

“Satu unit stempel UPT Pertanian Wilayah Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok juga kita amankan. Kasus ini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut,” tandasanya.

Tersangka diancam Pasal 12 Huruf e Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi.

[fik]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge