0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Tak Jamin Kursi CPNS untuk Pemain Wayang Orang

pertunjukan wayang orang sriwedari (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemain Wayang Orang Sriwedari nampaknya harus menahan kegembiraan mereka. Usulan formasi pelestari budaya untuk yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diamini Pemerintah Pusat tahun ini. Namun pemain wayang orang tetap harus melampaui tes sesuai prosedur. Padahal formasi tersebut diusulkan Pemkot untuk mengakomodasi pemain wayang orang yang sudah bertahun-tahun manggung di GWO Sriwedari.

“Sekarang yang mengurus rekrutmen CASN dari kementerian. Kita tidak bisa menjamin mereka lolos,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Yulistianto, Senin (29/1).

Tak hanya itu, untuk lolos CPNS pemain wayang orang Sriwedari juga harus lolos saringan Computer Aided Test (CAT). Tes berbasis komputer itu merupakan tahapan yang harus dilalui setelah lulus seleksi administasi.

Untuk meningkatkan peluang mereka lolos CASN, Pemkot sejak beberapa hari yang lalu sudah mendorong para pemain wayang orang agar membiasakan diri dengan komputer. Di samping juga mempersiapkan diri dalam menjawab soal-soal mungkin ditanyakan dalam tes tersebut.

“Tes ini sangat menentukan mereka diterima atau tidak. Kita sudah sampaikan sejak kemarin,” kata dia.

Untuk diketahui, Pemkot Solo mengusulkan 85 formasi pelesatari budaya untuk pemain wayang orang Sriwedari. Total formasi yang diajukan Pemkot tahun ini sendiri mencapai 609 formasi termasuk pelestari budaya.

“Kita paling banyak membutuhkan tenaga pendidikan dan kesehatan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Solo, Rakhmat Sutomo.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge