0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peneliti Gembira, Pemkot Buat Replika Baita Gung Rajamala

(Joko Suryono dan salah satu pisau pamor karyanya | Ari Kristyono)

Solo – Peneliti Baita Gung Rajamala, Joko Suryono mengaku gembira dengan rencana pemerintah kota membangun replika kapal milik Keraton Kasunanan Surakarta tersebut dengan skala 1:1. Pria yang juga pernah membuat miniatur replika yang sama tersebut mengatakan pemkot harus membuat kajian akademis sebelum melakukan pembangunan.

“Harus ada kajian-kajian akademis. Karena kapal ini bukan hanya mitos, itu salah. Tetapi kapal ini memang ada, dan pernah menjadi kebanggaan masyarakat Keraton pada saat itu,” ungkapnya saat ditemui Timlo.net beberapa waktu lalu.

Dikatakan, pemerintah atau siapapun yang hendak membuat replika Baita Gung Rajamala harus mempelajari kitab dalam serat Babon Babat Baita yang ditulis oleh Pakubuwono IX. Dalam kitab tersebut, kata Joko dirincikan ukuran, warna dan pelayaran kapal perang itu.

“Ya harus dipelajari dulu, ada perinciannya. Artinya bisa direkonstruksi berdasarkan cerita dalam kitab,” kata dia.

Lebih lanjut kapal perang milik Pakubuwono IV itu, digambarkan memiliki beberapa ruang, diantaranya ruang pentas tari, ruang gamelan, ruang raja dan residen, ruang penderek, kamar tidur, ruang senjata dan jamban. Selain itu kapal ini juga dilengkapi dengan enam meriam yang berada di Geladak depan.

Selain Baita Gung Rajamala, kata Joko, Pakubuwono IV juga memiliki dua buah perahu lain yang lebih kecil, yakni Kyai Baruna dan Nyi Baruni.

“Dalam kisah tersebut diceritakan Raja melakukan kunjungan ke kantor residen dengan menggunakam perahu tersebut. Saat itu dari Alun-alun kidul, menuju utara sampai kira-kira di perempatan Bank Indonesia,” katanya.

Dua kapal identik ini memiliki warna biru-putih dan memiliki cungkup dengan Prada emas.

“Dari yang saya pelajari ukurannya Baita Gung Rajamala itu 7×70 meter. Nanti tergantung pemkot mau dibuat seperti apa,” pungkasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge