0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kisah Ingvar Kamprad Dirikan Ikea Pada Usia 17 Tahun

Toko pertama Ikea di Amhult, Swedia dekat tempat kelahiran Ingvar. (wikipedia.com)

Timlo.net—Ikea merupakan salah satu peritel perabot rumah tangga internasional. Sejak 2008, perusahaan itu disebut sebagai ritel furnitur terbesar di dunia. Pada 2016, penghasilan Ikea mencapai 35, 07 miliar Euro. Ikea didirikan pada 1943 oleh Ingvar Kamprad di Swedia. Siapa sangka ritel global itu didirikan saat Ingvar berusia 17 tahun. Modal yang dia gunakan adalah uang hadiah sang ayah karena dia berprestasi di sekolah sekalipun menderita dileksia. Desain Ikea menjadi populer salah satunya adalah berkat kesederhanaan dan nilainya.

Ide awal terciptanya Ikea ternyata sederhana. Saat itu Ingvar melihat seorang pekerja melepas kaki-kaki sebuah meja supaya muat dimasukkan ke mobil seorang pembeli, tulis BBC. Desainer furnitur Jeff Banks berkata kreasi Ingvar mengubah cara orang membuat dan mendesain perabot rumah tangga secara radikal.

“Orang-orang mencoba mereproduksi dan meniru itu, tapi gagal,” katanya.

Furnitur yang dijual di Ikea didesain supaya bisa dirakit sendiri oleh pengguna. Perusahaan itu mengaku cara ini menolong mengurangi ongkos kirim dan hemat tempat saat dipaketkan. Misalnya rak buku Ikea lebih mudah dipaketkan karena bisa dibongkar dan dipasang oleh pembeli. Selain itu, para pengguna bisa lebih mudah membawa perabot dengan alat transportasi umum. Mereka tinggal membongkar furnitur yang dibeli dan merakitnya kembali saat tiba di tempat tujuan.

Ingvar dikenal karena gaya hidup sederhananya. Dia dikabarkan mengendarai mobil Volvo tua dan bepergian dengan pesawat kelas ekonomi. Produk-produk yang dijual Ikea juga dikatakan memanfaatkan produk daur ulang. Dalam wawancara dengan sebuah stasiun TV Swedia, TV4 pada 2016, Ingvar mengaku jika sifat alami penduduk Småland, kota kelahirannya adalah hemat. “Jika Anda melihat saya sekarang, saya tidak berpikir saya memakai apapun yang tidak dibeli dari sebuah pasar loak,” katanya.

Dia berkata jika dia membangun bisnisnya dengan etos lokal. “ Småland mengalir dalam darah kami dan kami tahu apa itu satu krona—walaupun tidak sebesar nilainya dulu saat kami membeli permen dan pergi ke sekolah dasar,” ujarnya membicarakan mata uang Swedia.

Dalam sebuah wawancara pada 1980-an, Ingvar berkata visinya untuk Ikea adalah jika perusahaan itu akan membuat hidup para pembelinya menjadi lebih mudah. Ikea tetap menjadi perusahaan yang dimiliki keluarga Kamprad. Struktur bisnisnya yang rumit menimbulkan kontroversi. Komisi Eropa tahun lalu berkata mereka melakukan penyelidikan terhadap pajak Ikea.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge