0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ada Genangan Air di Depan Pasar Klewer, Ini Solusinya

Pasar Klewer Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Intensitas hujan yang tinggi berimbas pada terjadinya genangan disejumlah lokasi di kawasan alun-alun utara (Alut). Genangan kerap melanda pasar darurat Alun-alun Lor Keraton Surakarta dan ruas jalan di depan Pasar Klewer.

Kawasan yang sekarang berdiri pasar darurat ini, juga kerap kali dilanda banjir, setiap hujan datang dengan intensitas tinggi. Beberapa pompa air diaktifkan sebagai solusi untuk mengatasi genangan.

“Genangannya memang terjadi di alun-alun. Tapi perbaikannya harus dilakukan sampai di hilir,” tegas Kasi Pembangunan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Pemkot Solo, Sihono, Senin (29/1).

Dirinya menampik kegiatan pasar darurat timur yang ada di lokasi tersebut sebagai penyebab genangan.

“Tidak dipakai sebagai pasar darurat pun, fungsi Alun-alun sebagai daerah resapan air sudah tidak lagi maksimal. Hal itu masih diperparah dengan tidak optimalnya drainase-drainase di sekitarnya,” tegas Sihono.

Untuk sementara, pembuatan sudetan menjadi solusi atas masalah tersebut.

“Sementara genangan di sisi barat alun-alun biasa terjadi karena air tidak bisa mengalir ke luar. Ke depan kami akan membuat saluran baru (sudetan) untuk mengurangi genangan di sana, sebagai solusi sementara,” jelasnya.

Berdasarkan pemetaan DPU PR terhadap sejumlah rute drainase yang terkait dengan Alun-alun Lor, didapati bahwa saluran di sisi utara dan timur kerap terganggu pendangkalan Kali Tegal Konas di Kedunglumbu. Adapun saluran sisi selatan yang mengarah ke Jalan Untung Suropati tersumbat sedimentasi parah di kawasan keraton.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge