0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ganjar: Izin-Izin yang Tak Perlu Dihilangkan Saja

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong seluruh bupati dan walikota di Jawa Tengah agar melakukan deregulasi. Khususnya dalam aturan-aturan yang menyangkut investasi. Hal itu diharapkan dapat mendongkrak nilai investasi di Indonesia yang dinilai masih rendah.

“Kemari saya dipanggil Pak Presiden (Presiden Jokowi —Red). Beliau mengeluhkan investasi kita masih rendah. Padahal ekonomi kita sangat optimis,” kata Ganjar Pranowo, di Solo, Minggu (28/1).

Mengutip Presiden Jokowi, Ganjar mengatakan rendahnya investasi di Indonesia disebabkan oleh banyaknya izin yang harus diurus pengusaha sebelum bisa menancapkan pondasi bisnisnya. Tak jarang untuk mengurus izin usaha di beberapa sektor diperlukan waktu hingga hitungan tahun.

“Untuk itu saya mengajak seluruh kepala daerah di Jawa Tengah, bupati, walikota, untuk melakukan deregulasi. Izin-izin yang tidak perlu dihilangkan saja,” kata dia.

Untuk diketahui, kuartal terakhir 2016 lalu Pemerintah meluncurkan 15 paket kebijakan ekonomi yang kebanyakan berisi angin segar untuk investasi. Namun agaknya kebijakan itu belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Meski tak bisa dibilang macet, aliran invesasi di Indonesia sepanjang tahun 2017 juga tidak bisa dibilang lancar.

“Cuma tumbuh 10 persen. Jauh di bawah negara-negara tetangga,” kata Ganjar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge