0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Buka SGS, Ganjar Puji Keberanian Kota Solo

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi gelaran Solo Great Sale (SGS) 2018 yang dihelat Pemerintah Kota Solo selama bulan Februari. Menurutnya, Pemkot Solo tergolong berani dalam memilih waktu penyelenggaraan SGS.

“Biasanya awal tahun penjualan transaksi menurun. Ini Solo malah berani mengadakan Solo Great Sale,” kata dia saat memberi sambutan di acara pembukaan SGS 2018 di simpang Ngarsopuro, Minggu (28/1) pagi.

Merujuk data, transaksi penjualan di Solo memang cenderung menurun selama bulan Februari. Jasa perhotelan misalnya, mengalami penurunan drastis hingga tingkat okupansi rata-rata selama Janurari dan Februari selalu di bawah 40 persen.

“Maka dari itu, kita selenggarakan SGS sebagai even wisata belanja untuk mendongkrak sektor perdagangan,” kata Ketua I Panitia SGS, Daryono.

Menurutnya, penurunan transaksi di awal tahun khususnya di Solo dipicu beberapa hal. Salah satu faktor utamanya adalah karakteristik Kota Solo sebagai kota Meetings, incentives, conference, and exhibition (MICE). Sebagai kota MICE, Solo sangat tergantung kepada pasar korporat terutama pemerintah.

“Umumnya, di awal tahun anggaran untuk kegiatan pemerintah belum cair. Sehingga otomatis kunjungan ke Solo berkurang drastis,” kata dia.

Di samping itu, dana dari masyarakat umum biasanya sudah terkuras habis saat liburan Natal dan Tahun Baru. Hal itu mendorong masyarakat cenderung menahan diri dalam membelanjakan uangnya.

“Jadi dua sisi. Pemerintah belum ada anggaran, masyarakat juga sedang saving. Akibatnya, transaksi jual beli menurun,” kata dia.

Gelaran SGS sendiri diharapkan dapat menghidupkan roda ekonomi Solo selama low season. Pemkot bersama para pelaku usaha menggelar promosi di berbagai sektor mulai dari perhotelan, perdagangan, hingga pasar tradisional. Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan mencapai 80 persen dari harga normal.

“Kita juga menawarkan hadiah undian bagi masyarakat yang berbelanja ke tenant yang menjadi peserta SGS,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge