0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dandim Temanggung Ciptakan Drone Penyemprot Padi

Peralatan penyemprot tanaman Hope Drone ditampilkan di hadapan Menteri Pertanian Amran Sulaiman (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Dandim 0706/Temanggung Letkol Arm Yusuf Setiaji berhasil menciptakan sebuah alat penyemprot tanaman. Alat ini dinilai sangat memudahkan petani untuk menyemprot padi yang selama ini hanya menggunakan peralatan manual.
Alat yang diberi nama Hope Drone ini diperkenalkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sragen dalam kunjungan Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada acara panen raya di Desa Plumbungan, Karangmalang, Sragen, belum lama ini. Agricultural Drone ini dinilai efektif karena bisa menghemat waktu, biaya dan tenaga.
‘’Jika penyemprotan dilakukan secara manual oleh tenaga manusia minimal membutuhkan sepuluh
orang. Tapi dengan drone ini cukup dengan dua orang,’’ terang Letkol Arm Yusuf Setiaji.
Yusuf menyampaikan, untuk membuat Hope Drone tersebut pihaknya membentuk tim yang beranggotakan para pemuda kreatif dari Temanggung. Berawal dari situ akhirnya bisa menciptakan alat penyemprot tanaman tersebut.
Drone tersebut mampu mengangkut tabung plastik berisi 15 liter pupuk cair dan peralatan semprot. Selain sebagai alat semprot, Hope Drone ini juga bisa dipakai untuk memantau kesehatan tanaman lantaran dilengkapi dengan kamera.
Peralatan pertanian ini dipraktekkan di hadapan Mentan Amran Sulaiman, Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi, Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Bhakti Agus Fajari, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, Dandim 0725/Sragen Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo dan Kapolres AKBP Arif Budiman di lokasi panen raya.
Amran Sulaiman sendiri memberikan apresiasi positif terhadap peralatan jenis baru tersebut. Dia menyakini Agricultural Drone ini sangat membantu petani dalam menyemprot tanaman di lahan yang luas. Sedangkan Yusuf Setiyaji mengaku sudah mendapatkan hak paten atas hasil ciptaannya tersebut.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge