0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemdes Rejosari Surati Jokowi

Bendungan Kricikan, Desa Rejosari, Gondangrejo jebol (timlo.net/raymond)

Karanganyar – Pemdes Rejosari, Gondangrejo melayangkan surat ke presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal jebolnya bendungan Kricikan. Pemdes berharap perbaikannya dibantu pemerintah pusat.

“Harapan kami, pemerintah pusat memprioritaskan perbaikan bendungan di kampung halaman presiden Jokowi itu. Apalagi, pemerintah pusat sedang menggarap proyek 1.000 embung. Terkait kebutuhan dana perbaikan, kami belum berani menyertakannya di surat tersebut,” kata Kades Rejosari, Heriyanto kepada Timlo.net, Selasa (23/1).

Surat ke presiden dilayangkan pada Sabtu (20/1) ke alamat istana negara. Surat itu berisi permintaan agar perbaikan bendungan diambilalih pemerintah pusat. Ia memastikan APBDes tak mampu menanggungnya. Berdasarkan perhitungan kasar, nilai kebutuhannya mencapai Rp 7 miliar.

Surat yang sama juga ditujukan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tembusan ke Bupati Karanganyar dan Camat Gondangrejo.

Ia berharap perbaikan bendungan nanti bisa mengantisipasi kelemahan konstruksi lama yang dibuat pada 1974 itu. Bendungan tersebut termakan usia dan terdapat kebocoran di banyak titik.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengakui butuh biaya tidak sedikit memulihkan bendungan jebol di Desa Rejosari. Menurutnya, bangunan itu memang bukan standar bendungan sehingga rawan jebol.

“Masih dihitung kebutuhannya. Tapi dipastikan butuh biaya besar. Jika memakai APBD, paling memungkinkan dianggarkan di perubahan. Kita juga sedang komunikasikan dengan BPBD supaya mencarikan dana rehabilitasi dan rekonstruksi bencana alam,” katanya. (MG001)

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge