0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bulan Depan Dibangun, PLN Belum Tentu Beli Listrik Dari PLTSa

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Hasta Gunawan (dok.timlo.net)

Solo — Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cemp ditargetkan mulai Februari mendatang. Namun hingga saat ini Power Purchase Agreement (Kontrak Pemblian Listrik) belum juga ditandatangani oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Semuanya sudah siap. Tinggal kerja sama dengan PLN saja yang belum,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Hasta Gunawan, Minggu (21/1).

Pembangunan PLTSa sudah digagas Pemkot sejak beberapa tahun lalu. Sempat berganti-ganti investor, Pemkot Solo akhirnya menggandeng investor lokal PT Solo Citra Metro Plasma Power. Pemkot menjanjikan akan memfasilitasi kebutuhan investor untuk membangun PLTSa, termasuk kepastian pemblian listrik oleh PLN.

“Dokumen Power Purchase Agreement sudah masuk dalam kontrak antara Pemkot dengan investor. Seharusnya nanti sebelum pembangunan mulai, semuanya sudah siap termasuk kepastian pembelian listrik oleh PLN,” kata dia.

Ia menambahkan, saat ini Pemkot sudah menyiapkan kebutuhan investor untuk memulai pembangunan. Akses jalan untuk keluar masuk kendaraan proyek sudah dibuka dengan memindahkan ribuan ton sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Putri Cempo. Bahkan kantor DLH yang berada di kawasan tersebut sudah dipindah ke lokasi lain.

“Tinggal masalah administrasi saja. Itu pun cuma satu dokumen perjanjian dengan PLN yang belum,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge