0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bahas Pasar Klewer, Pemkot dan DPRD Menghadap Kemendag

Pasar Klewer timur (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo akan segera menemui Kementerian Perdagangan untuk membicarakan nasib pembangunan Pasar Klewer Timur yang hingga kini tak kunjung pasti. Pengajuan Anggaran dari Pemkot sebesar Rp 57 Miliar ke Pemerintah Pusat hingga kini belum juga mendapat jawaban.

“Besok (Senin) saya bersama DPRD akan ke Kementerian Perdagangan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagio, Minggu (21/1).

Subagio mengatakan Pemkot telah mengajukan revisi anggaran pembangunan Pasar Klewer Timur dari Rp 48 Milir menjadi Rp 57 Miliar. Usulan tersebut disampaikan kepada Kemendag awal Januari lalu menyusul gagalnya pembangunan Pasar Klewer Timur akhir 2017 lalu.

“Kita mau tanyakan kelanjutan usulan pembangunan Pasar Klewer sudah sampai mana,” kata dia.

Seperti diketahui, Pasar Klewer Timur sedianya selesai dibangun Desember 2017 lalu. Namun pelaksanaan proyek senilai Rp 48 Miliar itu gagal karena dana dari Pemerintah Pusat baru cair pada Bulan Oktober. Akibatnya, tak satu pun perusahaan konstruksi yang mengikuti lelang pembangunan Pasar Klewer Timur.

Di sisi lain, Pemkot terlanjur membongkar bangunan Pasar setelah Pemkot menyewa Alun-alun Utara untuk ditempati pedagang selama pembangunan. Bila anggaran dari Pemerintah Pusat tak segera cair, dikhawatirkan Pasar Klewer belum selesai dibangun hingga kontrak Alun-alun Utara habis Oktober mendatang.

“Harapannya Februari atau Maret nanti sudah cair supaya bisa segera dibangun,” kata dia.

Ia menambahkan, selain menghadap ke Kementerian Perdagangan, Pemkot dan DPRD juga akan mengunjungi Kementerian Perhubungan. Hanya saja Subagio tidak tahu menahu agenda yang akan dibicarakan di Kantor Kemenhub.

“Itu urusan DPRD dan Dinas Perhubungan. Saya cuma menemani di Kementerian Perdagangan saja,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge