0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dua Biro Ibadah Umroh Dinilai Bermasalah, Kemenag Solo Awasi Ketat

Ketua Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Solo, Rosyid Ali Safitri (dok.tiumlo.net/tyo eka)

Solo – Kementerian Agama (Kemenag) Solo memelototi dua biro perjalanan umroh di Kota Solo yakni Abu Tour dan Solusi Balad Lumampah (SBL). Selain instruksi dari Kemenag pusat, pengawasan ketat yang dilakukan terhadap dua biso tersebut lantaran banyaknya keluhan dari masyarakat yang batal berangkat ke tanah suci.

“Dari pusat juga menginstruksikan seperti itu (pengawasan-red). Tapi, dari keluhan masyarakat kita juga mendengar ada yang belum diberangkatkan sesuai kesepakatan,” terang Kasi Perjalanan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Solo, Rosyid Ali Safitri saat dihubungi Minggu (21/1) siang.

Informasi yang diperoleh Kemenag Pusat, kata Roshid, diketahui ada sekitar 3.000 jemaah dari SBL yang kemungkinan tidak bisa berangkat umrah. Untuk itu, Kemenag pun akan segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk penanganan biro jasa tersebut.

“Kami sedang melakukan input data, nanti kalau sudah selesai kami akan segera melaporkan datanya ke Polresta Solo,” jelas Roshid.

Terkait hal tersebut, Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi mengatakan pihaknya akan menanggapi jika telah ada laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan. Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan masuk terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan biro perjalanan haji dan umroh selain dari PT Usmainiyah Hannien Tour.

“Kalau kasus yang sama seperti itu (PT Hannien Tour-red) belum ada. Jika ada dan korbannya dinilai rombongan, akan langsung kita tindak lanjuti,” tegas Kasat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge