0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rohadi Ajukan Cuti

(Dua pasang calon bupati wakil bupati Karangantar, Rohadi-Ida (dua di kiri) dan Juliyatmono-Rober (dua di kanan). Foto:Raymond)

Karanganyar – Pemkab Karanganyar menyusulkan revisi surat permohonan Plt Bupati kepada Gubernur Jawa Tengah. Dari sebelumnya memohonkan cuti Bupati Juliyatmono, kini wakilnya Rohadi Widodo.

“Juliyatmono maupun Rohadi Widodo memohon cuti tanpa tanggungan negara. Nanti kewenangan Gubernur menunjuk pejabat provinsi eselon dua untuk menjabat sementara,” kata Kabag Pemerintahan Umum Setda Pemkab Karanganyar, Ali Gufron kepada awak media, Jumat (19/1).

Isi surat permohonan itu sekaligus memberitahukan bahwa Bupati dan Wakil Bupati mencalonkan diri sebagai bupati pada Pilkada 27 Juni 2018.

“Plt yang menentukan gubernur setelah mendapat persetujuan Mendagri. H-7 tanggal 12 Februari itu harus ada penetapan, ada SK (surat keputusan) ada. Setelah itu ada serah terima dari Bupati (Juliyatmono) kepada Plt. Tidak ada pelantikan,” jelas dia.

Plt Bupati tidak memiliki kewenangan memutuskan kebijakan strategis. Salah satunya melakukan mutasi pejabat struktural. Setelah serat terima jabatan, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar harus meninggalkan semua fasilitas, yakni rumah dinas, mobil dinas, biaya operasional, dan lain-lain kecuali gaji dan tunjangan.

“Per 15 Februari itu pakai Plt. Plt harus menetap di Karanganyar dan menempati rumah dinas Bupati. Begitu serah terima, bupati definitif langsung meninggalkan fasilitas,” jelas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge