0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inilah Beda Ramyeon dan Ramen

Douglas Kim. (youtube.com )

Timlo.net—Ramen merupakan makanan yang gampang ditemui di Jepang. Olahan dari mie itu bisa ditemui di berbagai kota di Jepang dengan ciri khas yang berbeda. Makan ramen menjadi budaya di Negara Sakura. Masyarakat lebih memilih menikmati mie yang dimasak dengan bumbu-bumbu segar, kuah kaldu dan daging yang lezat. Tapi Korea Selatan memiliki budaya berbeda. Mie yang populer di sana adalah ramyeon, yang sebenarnya berarti mie instant.

gothamist.com

Setiap kali menyinggung soal mie, yang muncul di benak orang Korea adalah makanan instant. Padahal ada beberapa makanan tradisional Korea Selatan yang berbahan dasar mie seperti Janchi guksu, Kalguksu, Gomguksu dan lain-lain. Seorang chef keturunan Amerika Korea, Douglas Kim berusaha mengubah hal ini dengan membuka restoran Jeju Noodle Bar di New York. Pada dasarnya restoran itu mengambil ide dasar dari mie instant dan menjadikan olahan mie lezat yang disiapkan dengan segar.

Lantas apa beda mie tradisional Korea dengan ramen Jepang? Douglas menjelaskan untuk memberikan kedalaman rasa pada ramen, masyarakat Jepang menggunakan lemak dari binatang. Lemak itu bisa berasal dari lemak ikan, ayam, babi, sapi dan lain-lain. Oleh karena itu ramen biasanya berkalori tinggi. “Yeah, jadi setiap kali ibumu membuat seolleongtang, atau gomtang di rumah? Dia selalu mengurangi lemaknya bukan?” tanya Douglas kepada Matthew Kang dari situs Eater.

“Benar, itu lebih bersih. Kaldunya lebih bersih,” jawab Matthew.

“Lalu kami selalu membersihkan tulang-tulangnya, memastikan tidak ada kotoran di dalam kaldu. Untuk memberikan kedalaman rasa kami menggunakan minyak alami seperti minyak herbal, minyak sayuran,” terang Douglas.

Jadi pembeda terbesar di antara ramen dan ramyeon adalah pada penggunaan bumbu. Ramen menggunakan lemak binatang untuk memberikan kedalaman rasa. Seperti ramyeon mengurangi lemak pada kaldu dan memakai minyak alami.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge