0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Alternatif Sosogan-Kricikan Terputus, Telaga Rejobanget Porak Poranda

Jalan alternatif antar dusun terputus akibat terempat banjir dari bendungan jebol. (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Jebolnya Bendungan di Desa Rejosari, Gondangrejo mengakibatkan jalur alternatif penghubung Dusun Sosogan dengan Kricikan terputus. Warga terpaksa berputar ke jalur utama yang jaraknya lebih jauh.

“Kalau lewat di jalan alternatif di bendungan, lebih hemat sekitar dua kilometer. Lantaran terputus, terpaksa lewanya di jalan utama Jatikuwung untuk menjangkau Dusun Sosogan ke Kricikan atau sebaliknya,” kata Kadus Sosogan, Desa Rejosari, Sartono kepada Timlo.net, Jumat (19/1).

Bendungan tersebut jebol pada Jumat dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Ribuan meter kubik air mengempaskan dinding bendungan berikut material fondasi sampai puluhan meter. Air juga menghanyutkan jalan alternatif antardusun serta merusak areal pertanian di bawah bendungan.

Kades Rejosari, Heriyanto mengatakan bendungan itu digadang-gadang infrastruktur vital obyek wisata alam Telaga Rejobanget. Belum genap sebulan obyek wisata itu dibuka, kini porak poranda.

“Sudah disiapkan perahu untuk wisata air. Satu perahu mesin, satu dayung. Juga ada perahu bebek. Sekarang perahunya hancur dan ada yang hanyut ke hilir,” katanya.

Pantauan Timlo.net, bendungan seluas tiga hektare itu kini airnya surut. Selain merusak areal pertanian, keberlangsungan bercocok tanam sawah di kawasan itu terancam mandek. Sebab, bendungan itu diandalkan dalam sistem irigasi teknis, Kades mengatakan telah melaporkan bencana alam tersebut ke pemerintah kabupaten. Namun, ia belum mendapat kepastian pemulihan sarana bendungan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge