0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Panen Kopi Melimpah, Warga Stabelan Gelar Syukuran

Warga Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Selo, menggelar syukuran dengan melakukan kirab tumpeng (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Panen kopi melimpah, ratusan warga Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Selo, menggelar syukuran dengan kirab puluhan tumpeng. Tumpeng yang dikirab berasal dari warga yang dengan sukarela membuat sendiri.

Tumpeng-tumpeng yang dibawa warga, dikumpulkan di rumah salah satu warga. Tumpeng berisi lauk pauk,ayam serta hasil kebun. Usai terkumpul semuanya, tumpeng kemudian diarak sejauh 500 meter menuju tempat acara di dusun tersebut.

Kirab tumpeng juga sebagai penanda peluncuran program Maret Development bekerjasama dengan Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Hadir antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto, Camat Selo Jarot Purnomo, dan Wakil Dubes Belanda Ferdinand Lahnstein.

“Tumpeng ini sebagai bentuk syukur warga atas hasil pertanian yang melimpah, utamanya kopi,” kata Arif Buntara dari Busines Watch Indonesia, Jumat (19/1).

Dijelaskan, selain sayuran, warga kini juga melakukan budidaya kopi Arabica. Kopi jenis ini ternyata sangat cocok ditanam di Lereng Merapi dan Merbabu wilayah Selo. Dijelaskan, pihaknya juga bekerjasama dengan Kedubes Belanda di Indonesia meluncurkan program Market Develompment. Yaitu, program untuk memasarkan aneka produk pertanian masyarakat setempat.

“Pemasaran yang baik akan meningkatkan pendapatan masyarakat, produk pertanian akan mendapatkan harga yang layak,” jelasnya.

Sementara, Wakil Dubes Belanda Ferdinand Lahnstein menambahkan, program Market Development tak hanya ditujukan untuk produk kopi saja. Tapi juga mencakup seluruh hasil pertanian dan sayuran.  Apalagi, diakui bila tanah di Lereng Merapi Merbabu sangat cocok untuk bermacam sayuran dan kopi.

“Perlu dibangun pemasaran yang bagus, agar rakyat mendapatkan harga yang pantas,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge