0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lagi, Pembalak Liar di Kecamatan Giriwoyo Dikukut

Kayu hasil pembalakan liar disita sebagi barang bukti (ist)

Wonogiri – Sukimin (48) warga Dusun Sumberejo Desa Selomarto Kecamatan Giriwoyo ditangkap Tim Resmob Polres Wonogiri. Ia diduga terlibat dalam aksi pembalakan liar di hutan lindung Tlogo Mardido milik Perhutani BKPH Baturetno. Sebelumnya petugas juga telah meringkus empat pembalak liar yang juga warga setempat.

”Selain pengembangan kasus, kita juga mendapatkan informasi jika di desa tersebut ada lokasi penyimpanan kayu sono keling yang diduga hasil jarahan dari hutan negara,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasatreskrim AKP Muhamad Kariri, Kamis (18/1).

Dari informasi, penangkapan pembalak liar itu dilakukan pada Rabu (17/1) pukul 13.30 WIB. Dimana sebelumnya tim Resmob Polres Wonogiri telah melakukan serangkaian penyelidikan hingga mengerucut pada penangkapan pelaku.

“Agar tidak diendus petugas, kayu sono keling itu tidak ditimbun di rumahnya. Tapi sengaja disimpan di salah satu pekarangan kosong milik warga sekitar, ” kata dia.

Menurut Kasatreskrim, kayu- kayu jarahan tersebut ketika sudah terkumpul akan dijual kembali. Setiap satu potong, dijual Rp 600 Ribu hingga Rp 1 Juta, tergantung ukurannya. Saat diinterogasi, Sukimin mengakui, kayu- kayu itu merupakan hasil penebangan liar di hutan Perhutani.

“Ada delapan potong kayu sono keling dan satu buah gergaji yang turut kita amankan dan akan kita jadikan barang bukti,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge