0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Pilkada, TNI Backup Keamanan

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto mengunjungi Batalyon Infanteri Raider 408/Suhbrastha (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Memasuki tahun politik pada 2018 ini sejumlah agenda telah dipersiapkan. Seperti Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) di beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Terkait agenda politik tersebut, seluruh prajurit TNI tidak boleh lengah dalam menjaga kondusifitas Jawa Tengah saat Pilkada serentak Juni mendatang.

“Kendatipun hanya membackup Polri, TNI tetap menyiapkan pasukan inti untuk menjamin kondusifitas Jawa Tengah. Dalam pelasannan Pilkada terlibat dalam pengamanan termasuk 408 dan Kodim akan BKO dari Polres wilayah,” kata Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, Kamis (18/1).

Kepada wartawan di sela-sela kunjungannya ke Batalyon Infanteri Raider 408/SuhbrasthaSragen, Pangdam menyampaikan, TNI harus menciptakan suasan Kamtibmas yang kondusif.  Antisipasi kerawanan sosial sudah dalam pantauan dan terus akan dikoordinasikan, untuk memastikan kelancaran Pilkada.

Sejauh ini kerawanan di Jateng menjelang Pilkada serentak relatif kondusif. Tetapi semua unsur tidak boleh menganggap remeh, sehingga harus tetap memantau dan memonitor serta memetakan titik kerawanan.

Disinggung soal netralitas TNI, Mayjend TNI Wuryanto menegaskan, seluruh prajurit dipastikan netral dari politik. Komitmen tersebut akan dipegang teguh dan hanya akan membantu keamanan.

“TNI menyatakan dari pimpinan sampai prajurit netral. Itu akan kita peegang teguh dalam Pilkada ini,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge