0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tiga Dokter Menolak Jadi Saksi Bimanesh Sutardjo, Begini Alasannya

dr. Bimanesh Sutardjo (merdeka.com)

Timlo.net — Pada Rabu (17/1), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan tiga dokter yaitu Budi Sampoerna, Zubairi Djoerban, dan Prasetyono. Ketiganya sedianya akan diperiksa sebagai saksi untuk dr Bimanesh Sutardjo.

Bimanesh telah dijadikan tersangka oleh KPK karena diduga dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan perkara e-KTP terhadap terdakwa Setya Novanto.

Namun ketiga dokter tersebut menolak hadir sebagai saksi untuk Bimanesh. Bimanesh ialah dokter di RS Medika Permata Hijau, Jakarta. Alasan ketidakhadiran tiga dokter ini karena menolak diperiksa sebagai saksi yang meringankan Bimanesh. Pasalnya, Bimanesh mengajukan tiga dokter ini sebagai saksi untuk meringankan.

“Memang kita mengagendakan pemeriksaan terhadap tiga orang dokter hari ini. Pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari permintaan tersangka BST (Bimanesh Sutardjo) untuk menghadirkan saksi yang meringankan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Rabu (17/1).

KPK pun memenuhi permintaan tersebut sesuai dengan KUHAP. Tapi kemudian pihaknya mendapat informasi dari dokter saksi ini bahwa mereka menolak dihadirkan sebagai saksi yang meringankan.

“Dan tentu KPK menghargai hal tersebut,” ujarnya.

Alasan penolakan karena ketiga dokter tersebut memperhatikan independensi. Ketiga dokter ini juga menjadi bagian majelis etik yang sedang melakukan pemeriksaan terhadap Bimanesh.

“Kita hargai hal tersebut karena memang sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sedianya hari ini Bimanesh juga akan diperiksa KPK untuk tersangka Fredrich Yunadi dalam kasus perintangan pemeriksaan saat menjadi pengacara Setya Novanto. Tapi pemeriksaan juga batal dilaksanakan. Begitu juga dengan pemeriksaan Fredrich Yunadi ikut dibatalkan.

Batalnya pemeriksaan Bimanesh hari ini disampaikan Febri tak ada kaitannya dengan penolakan tiga dokter tersebut.

“Terkait tiga dokter ini memang sudah ada pemberitahuan pada penyidik tidak bisa hadir karena menolak diajukan sebagai saksi yang meringankan. Kita juga koordinasi cukup baik dengan IDI karena proses masih berjalan juga di sana,” ujarnya.

[rzk]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge