0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNS bakal Tambah 150 Dosen Bergelar Doktor

Wakil Rektor I UNS bidang Akademik Prof Drs Sutarno MSc PhD (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tahun 2018 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) bakal menerima 150 dosen bergelar doktor. Saat ini UNS memiliki sekitar 1800 dosen,  namun  baru ada sekitar 425 yang doktor.

“Mereka tersebar di 9 fakultas yang ada. Rata-rata jumlah doktor sama di semua fakultas, tetapi di Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) tercatat paling rendah, sedangkan tertinggi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Pertanian yang mencapai di atas 90 persen,” ungkap Wakil Rektor I UNS bidang Akademik Prof Drs Sutarno MSc PhD kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Rabu (17/1).

Sutarno mengemukakan, saat ini ada sekitar 300 dosen yang masih menempuh studi doktoral, namun UNS berupaya keras melakukan strategi pemenuhan jumlah doktor dengan menerima pindahan dari Universitas lain, ataupun lembaga lain yang berminat menjadi dosen di UNS.

“Namun demikian tetap diprioritaskan lulusan baru dan studi S3 nya mendapatkan beasiswa LPDP,” ujarnya.

 Menurut Wakil Rektor I UNS, jumlah doktor di UNS saat ini baru 33 persen, sedang Kemenristekdikti  mensyaratkan minimal 51 persen doktor bagi Perguruan Tinggi Negeri yang akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum.

Sutarno mengakui percepatan target 51 persen tahun 2019 sulit dilakukan, mengingat berbagai faktor kurang mendukung  di antaranya 20 persen  dosen telah berusia di atas 60 sehingga telah mendekati masa pensiun. Sejauh ini memang banyak dosen yang masih perlu motivasi, apalagi untuk mendapatkan beasiswa S3, harus berusia kurang dari 40 tahun.

“Namun kita cari anak-anak lulusan yang beasiswa LPDP. Sudah kita umumkan, pindahan dari institusi lain, dari misalnya dari Jambi, Lampung banyak itu. Bahkan dari guru ada beberapa pelamar, tapi aturan guru melimpah ke dosen ada aturan tidak bisa, carinya fresh graduate,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge