0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penelitian Ungkap Anak Kedua Anak Pembuat Masalah?

Hemsworth bersaudara. (indy100.com)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyatakan jika anak kedua adalah anak pembuat masalah jika dibandingkan anak sulung. Terutama jika anak kedua adalah anak lelaki. Penelitian itu mengumpulkan data dari ribuan saudara di Denmark dan Amerika Serikat (AS). Mereka menemukan jika 20 hingga 40 persen anak kedua seringkali menjalani hukuman di sekolah dan masuk penjara setelah dewasa.

Pemimpin penelitian John Doyle berkata kepada NPR: “Saya menemukan hasilnya menakjubkan jika anak kedua, dibandingkan kakak mereka, lebih mungkin masuk penjara, diskors dari sekolah, masuk ke penjara remaja. Tapi sebelum Anda terburu-buru dan menggunakannya untuk menggoda adik Anda atau anak Anda yang lebih muda akan kejahatan yang mungkin mereka lakukan kelak, lihatlah baik-baik anak sulung yang kelihatannya tidak berdosa.”

John berpikir jika situasi ini mungkin merupakan salah anak sulung. “Anak sulung punya teladan, orang-orang dewasa. Dan anak kedua, yang lahir kemudian punya teladan, yang agak tidak rasional mungkin lebih tua dua tahun, Anda tahu kakak mereka,” terang John.

Bahkan jika orang tua menyediakan waktu untuk merawat anak kedua mereka, tapi mereka juga memberikan lebih banyak waktu untuk anak sulung mereka. Ditambah lagi, pada bulan dan tahun pertama anak sulung memperoleh perhatian penuh dari kedua orang tua.

Jika Anda adalah anak kedua, jangan berpikir jika Anda pasti akan masuk penjara, tulis Indy100.com. Tidak ada satupun fakta dalam hasil penelitian merupakan hal yang pasti terjadi dalam hidup. Terapis Meri Wallace berkata kepada parents.com: “Anda bisa secara sadar membuat pilihan [untuk mengubah kepribadian Anda].”

Data penelitian itu juga tidak bisa diterapkan kepada semua orang. Data itu diperoleh hanya dari Denmark dan AS. Bukan dari negara-negara lain. Selain itu, yang diteliti adalah anak laki-laki. Belum ada data tentang anak perempuan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge