0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Peluang PKS Usung Paslon

Karanganyr — PKS memiliki peluang mencalonkan pasangan calon bupati wakil bupati Karanganyar dengan menjalin mitra koalisi parpol. Namun, caranya tidaklah mudah.

“Sesuai pasal 102 ayat 1 huruf b PKPU no 3 tahun 2017 yang diubah no 15 tahun 2017, bakal pasangan calon yang telah mendaftar dapat mendaftar lagi di masa perpanjangan dengan komposisi parpol pengusung berbeda dari pendaftaran semula,” kata Divisi Teknis KPUD Karanganyar M Maksum kepada wartawan, Selasa (16/1).

Ia tak mau berandai-andai Juliyatmono-Rober Christanto didaftarkan lagi ke KPU di waktu perpanjangan oleh parpol pengusung berkomposisi anyar. Sebelumnya, bapaslon ini diusung delapan parpol yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, PKB, PPP, PAN, dan Partai Demokrat.

Pada Selasa (16/1) sore, utusan PKS menghadap komisioner untuk meminta penjelasan pencalonan. Utusan itu menanyakan regulasinya. Secara tidak langsung, PKS menunjukkan sinyal bakal ikut berkompetisi di Pilbup.

Maksum mengatakan administrasi pengusungan delapan parpol ke Juliyatmono-Rober Christanto komplit. Yakni menyerahkan formulir yang ditandatangani ketua dan sekretaris pimpinan pusat partainya. Formulir itu bermaterai. Apabila PKS akan mengusung bapaslon maka ia mutlak menggandeng parpol/gabungan parpol berkursi minimal 3. Sebagaimana diketahui, dibutuhkan parpol berkursi legislatif minimal 9 untuk bisa mengusung bapaslon. Poros parpol pengusung Juliyatmono-Rober Christanto harus diruntuhkan jika PKS ingin bermitra koalisi.

“Jika ada perubahan komposisi koalisi, maka bapaslon yang sebelumnya sudah mendaftar juga dapat mendaftar kembali dengan komposisi koalisi yang baru. Sebab ada partai yang keluar dari koalisi yang sudah disepakati sebelumnya,” tuturnya.

Maksum mengatakan, sejauh ini belum mendapatkan informasi apakah ada partai yang akan mencabut dukungan terhadap bapaslon yang sudah mendaftar dan keluar dari koalisi yang sudah terbentuk.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge