0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kenapa Awal Tahun Baru Imlek Berubah-Ubah Setiap Tahunnya?

Dekorasi tahun baru Imlek. (metro.co.uk)

Timlo.net—Tahun baru Imlek dirayakan di seluruh dunia. Mereka yang merayakan akan berkumpul dan mendoakan yang lain mengalami keberuntungan dan kemakmuran pada setahun mendatang. Tahun baru Imlek 2018 menandai dimulainya tahun anjing. Binatang itu sendiri dalam budaya Cina dianggap sebagai binatang yang membawa keberuntungan. Sistem kalender yang kita gunakan saat ini adalah sistem kalender Gregorian. Tahun baru dimulai pada 1 Januari. Sedangkan tahun baru Imlek dimulai pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Untuk tahun ini, Imlek dirayakan pada 16 Februari 2018, tulis Metro.co.uk.

Alasan kenapa Imlek dirayakan berbeda setiap tahunnya karena tahun Cina dimulai berdasarkan fase bulan. Sementara kalender kita mengikuti revolusi bumi. Tahun baru Imlek berbeda karena sebuah bulan lunar dua hari lebih pendek dibandingkan bulan Barat. Tahun baru Cina selalu jatuh pada hari kedua bulan baru setelah titik balik matahari pada musim dingin.

Setiap tahunnya, masyarakat Cina menambahkan bulan ke-13. Hal ini berarti tahun baru Cina selalu jatuh pada 21 Januari hingga 21 Februari. Perayaan biasanya berlangsung hingga dua minggu.  Di beberapa tempat, tempat usaha biasanya ditutup selama perayaan. Orang-orang memakai pakaian warna merah yang melambangkan keberuntungan. Salah satu tradisi dalam Imlek adalah pemberian uang dalam amplop merah kecil. Amplop itu di Indonesia dikenal dengan istilah angpao. Seperti halnya perayaan tahun baru, akan ada kembang api, musik dan parade.

Tahun 2018 akan menjadi tahun anjing tanah. Sedangkan 2017 adalah tahun ayam api. Para astrolog Cina menyatakan jika tahun ini bukanlah tahun keberuntungan untuk mereka yang memiliki shio anjing. Hal ini berarti untuk Anda yang lahir pada 2018, 2006, 1994, 1982 atau 1970. Para shio anjing disarankan untuk tinggal di rumah hingga tahun babi datang.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge