0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Baru Diresmikan, Gedung SD Ini akan Ditambah Teralis Pengaman

(dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan lima gedung Sekolah Dasar (SD), Selasa (16/1). Meski baru selesi dibangun, Pemerintah Kota Solo berencana untuk melengkapi gedung tersebut dengan teralis pengaman di lantai dua dan tiga.

“Karena ini usulan dari masyarakat, ya sudah kita turuti saja,” kata Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, saat memberi sambutan sebelum peresmian.

Menurut Rudy, sebenarnya tembok pengaman di lantai dua dan tiga di sekolah-sekolah sudah memadai. Tembok didesain dengan ketinggian 1 meter. Menurutnya, ketinggian tersebut sudah cukup aman untuk anak-anak mengingat rata-rata tinggi anak SD hanya di kisaran 1 – 1,5 meter.

“Dulu sudah terlanjur jadi DED (Detailed Engineering Desing) baru ada ususlan ditambah teralis. Tapi menurut saya sebenarnya sudah aman. Asal anak-anak tidak manjat tembok, tidak mungkin jatuh,” kata dia.

Terkait anggaran, Rudy mengatakan Pemkot akan mengupayakan pengadaan teralis dengan dana dari Dinas Pendidikan. Menurutnya, pemasangan teralis tidak memerlukan biaya tinggi sehingga dapat diselipkan ke pos-pos yang sudah dianggarkan.

“Paling habis berapa. Anggaran kita untuk pendidikan masih banyak kok. Nanti Kepala Dinas Pendidikan saya minta dicarikan anggarannya dari mana,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati menerangkan selama tahun 2017 pihaknya mulai menggenjot perbaikan sarana dan fasilitas gedung SD di Solo. Di antaranya ada SD Mojo dan SD Danukusuman, keduanya dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Negara (APBD dan APBN), Sedangkan tiga SD lain yaitu SD 11 Sondakan, SD Kampung Sewu dan SD Panularan dibiayai APBD murni.

Gedung baru lima SD tersebut diresmikan hari ini secara serentak. Seremoni persemian dilaksanakan terpusat di gedung baru SD 11 Sondakan.

“Tahun ini ada tiga SD lagi yang akan kita renovasi dan beberapa meneruskan pembangunan yang sudah dimulai tahun lalu,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge