0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dituding Plin-Plan, Ini Jawaban Pemkab Sragen

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen membantah mengeluarkan kebijakan yang plin-plan terkait beroperasinya toko modern di Kecamatan Tangen. Bantahan ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto untuk menanggapi pernyataan LSM Forum Masyarakat Sragen (Formas) yang menuding Pemkab Sragen plin-plan.

“Kami mewakili Pemkab Sragen, kami nggak plin-plan. Proses ijin itu kurang lebih 2,5 tahun lalu sudah jalan dan tidak ada permasalahan, hanya karena pada waktu itu ada penolakan warga,” kata Tatag Prabawanto kepada wartawan, Senin (15/1).

Tatag menyampaikan, lantaran ada penolakan kemudian Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengeluarkan kebijakan baru terkait beroperasinya toko modern yang sebelumnya telah melakukan proses perijinan. Kebijakan baru tersebut meminta semua toko modern, apakah Alfamart atau Indomaret untuk bisa menampung hasil-hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Sragen.

“Di  satu sisi kita sudah nggak ada ijin gangguan. Kan sekarang diganti dengan Amdal, mereka melakukan proses itu. Setelah proses selesai ya sudah, kita keluarkan ijinnya dan mereka punya kewajiban sanggup menerima usaha dari UMKM yang ada di Sragen. Mereka siap menampung ikut memasarkan hasil produksi UMKM,” paparnya.

Tatag menerangkan, karena sudah ada celah pasar untuk produk UMKM, pihaknya meminta dinas tekhnis terkait untuk memberikan dorongan kepada pelaku usaha agar bisa memasukkan produknya ke toko modern tersebut.

“Namun kami juga berharap mereka (UMKM, Red) bisa konsisten memasok produk-produk itu di toko-toko modern yang ada di Sragen. Jadi jangan menganggap Pemkab plin-plan,” jelasnya.

Tatag menambahkan proses perijinan dari toko modern tersebut sebenarnya memang sudah lama, bahkan sejak jaman pemerintahan Bupati Agus Fatchur Rahman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge