0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahanan Kabur dari Lapas Terekam CCTV

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net — Seorang tahanan kasus narkoba di Lapas Klas II A Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, kabur pada Minggu (14/1) malam. Tahanan atas nama Anas Fulrahmad (36), diduga berhasil kabur setelah memanjat tembok dengan mengunakan anak tangga.

Diketahui, anak tangga tersebut biasa digunakan sebagai alat untuk memasang tenda saat akan ada suatu acara di Lapas Klas II A Bukittinggi. Selain itu, indikasi berhasilnya kabur tahan yang divonis pengadilan dengan hukuman penjara selama 6 tahun, 6 bulan dan denda satu miliar rupiah dengan subsider 4 bulan kurungan itu juga dibantu dua narapidana bertugas mengawasi kehadiran petugas.

Kaburnya Anas Fulrahmad juga terekam kamera pengawas (CCTV) di Lapas Klas II A Bukittinggi tersebut. Setelah berhasil kabur dari kawasan Lapas, Anas Fulrahmad sempat berjalan kaki di area persawahan hingga akhirnya menaiki ojek.

Kepala Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Dwi Prasetyo Santoso mengungkapkan, pihaknya telah menyebarkan informasi akan adanya tahan kabur melalui media sosial. Saat ini, pihak bersama jajaran kepolisian terus melakukan pengejaran terhadap tahanan tersebut.

Selain itu, dia memastikan tidak ada kelalaian petugas atas kaburnya tahanan atas nama Anas Fulrahmad. Dwi berdalih, kondisi seluruh lapas di Sumatera Barat dalam kondisi minimal.

“Petugas yang terbatas dan tidak seimbang dengan jumlah narapidana diakui sebagai salah satu sebab lumrah seringnya terjadi kasus serupa. Tidak hanya di Sumbar, seluruh Kanwil di Indonesia,” katanya.

Ditanya adanya unsur kelalaian, pihaknya memastikan bertanggungjawab, tidak hanya petugas tapi juga Kakanwil. Karena kondisi lapas yang sudah over kapasitas.

“Semua hampir rata, tembok kurang tinggi, kami tidak punya anggaran untuk mempertinggi tembok. Jadinya ya itu resikonya, kalau ada pelarian dengan menaiki tembok ya itu sudah wajar, jadi tugas adalah untuk meyakinkan mereka untuk tidak lari,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge