0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pikat Wisatawan Umbul, Ibu-Ibu Mainkan Musik Ciblon

Grup Seni Ciblon Tirta Wening bermain musik dengan media air di Umbul Tirtomulyani, Desa Pluneng, Kebonarum, Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Sejumlah perempuan paruh baya di Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten mengeksplorasi bunyi air dalam Pentas Kesenian Ciblon, Senin (15/1). Mereka menepuk-nepukan tangan ke dalam air sehingga menghasilkan bunyi di Umbul Wadon Tirtomulyani setempat.

“Pentas Kesenian Ciblon ini bertujuan melestarikan kesenian musik tradisional dimainkan dengan media airĀ  yang merupakan peninggalan nenek moyang,” ujar Kepala Desa (Kades) Pluneng, Wahyudi, Senin (15/1).

Menurut dia, tradisi ciblon sudah dilakukan warga sejak puluhan tahun lalu, utamanya setiap bulan Suro atau Muharram dalam tradisi bersih umbul Tirtomulyono atau umbul lanang yang berada di sisi timur umbul Tirtamulyani.

Selain itu, lanjut dia, bermain musik ciblon biasanya dilakukan warga saat hendak mandi di sungai maupun umbul. Mengingat potensi tersebut, pemerintah desa Pluneng mengemasnya dalam pertunjukan sejak tahun 2000 silam. Bahkan membikin grup seni ciblon Tirta Wening beberapa waktu lalu.

“Keberadaan grup ini diharapkan bisa membangkitkan destinasi wisata air yang dimiliki Desa Pluneng. Setidaknya akan kita agendakan tampil tiga bulan sekali atau jika ada hajatan. Sehingga semakin menjadi daya tarik pengunjung,” kata Wahyudi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge