0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Membungkuk Berterimakasih pada Pengguna Jalan

memberikan hormat dan ucapan terimakasih (timlo.net/heru gembul)

Solo — Langkah Ata tertatih saat hendak menyeberang ruas Jl Slamet Riyadi,  di simpang empat Ngapeman Solo. Siswa SD Bromantakan tersebut menyusuri garis putih hitam zebra cross untuk menyeberang dari sisi Utara ke Selatan.

Langkah Ata diikuti oleh teman-temannya. Dengan menggenakan seragam batik puluhan siswa SD tersebut berbaris menyusuri zebra cross tersebut, saat nyala lampu apil berwarna merah. Ratusan kendaraan roda empat dan roda dua berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan rombongan bocah tersebut lewat.

Namun tiba-tiba Ata berbalik arah, menghadap ke pengguna jalan yang berhenti. Ata memberikan aba-aba dengan hitungan.

“Satu, Dua, Tiga, terimakasih,” teriak anak-anak itu, sambil memperagakan gerakan serempak membungkuk untuk memberi hormat kepada pengguna jalan.

“Kita mau, kalau menyeberang jalan aman karena menyeberangnya di Zebra Cross,” ungkap siswa kelas pertama, ini polos.

Guru Ata, yang juga pemrakarsa kegiatan ini saat ditemui mengatakan, bahwa selain mengajarkan anak untuk bisa menghargai pengguna jalan, juga untuk menyentil mereka yang kerap melanggar marka jalan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu mengasah jiwa anak untuk bisa berterimakasih kepada siapapun.

“Kita sering lihat ya, banyak pengguna jalan enak saja berhenti di zebra cross, padahal itu untuk penyeberang jalan. Ya kita sentil mereka agar bisa patuh dan tertib. Selain itu kita mengajarkan anak-anak untuk tidak menyeberang sembarangan, juga untuk biasa mengucapkan terimakasih,” kata dia.

Aksi ini sempat membuat pengguna jalan, tersenyum geli lantaran tingkah polah bocah-bocah polos ini. Ata dan kelompoknya memberikan hormat dan ucapan terimakasih sebanyak tiga kali. Aksi ini diulang sampai beberapa kali.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge