0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penelitian Ungkap Ada 24 Juta Cara Menyeduh Teh

Menuang teh. (standard.co.uk)

Timlo.net—Para ahli menemukan 24 juta cara berbeda untuk menyeduh teh. Mereka menyadari hal ini setelah meneliti tentang kebiasaan warga Inggris menyeduh teh. Tim peneliti itu terdiri dari ahli pembuat teh Tetley, Sebastian Michaelis dan Dr. James Hind dari Nottingham Trent University.

Data dikumpulkan dari 2000 konsumen di Inggris dan dianalisa oleh seorang ahli matematika. Dia memasukkan semua faktor dalam semua variabel yang mungkin untuk menciptakan secangkir teh yang sempurna. Semua variabel ini meliputi seluruh proses pembuatan teh. Mulai dari tahap panen hingga berakhir di dalam cangkir. Variabel itu meliputi tahun (y) pengalaman peracik teh, berat (W) di dalam kantong teh. Juga durasi latihan peracik teh (T), warna (C), ukuran dan densitas daun, kemurnian air seduh (S), berat teh di dalam mulut (atau bodi teh-B) dan seluruh rasa teh di dalam lidah (Z).

Berusaha menemukan campuran yang sempurna menolong para ahli teh mengungkap jumlah variasi pembuatan teh. “Apa yang saya temukan sungguh menakjubkan jika ada begitu banyak cara menyeduh secangkir teh, tapi tidak ada metode rahasia untuk menyeduh secangkir teh yang sempurna,” jelas Sebastian.

“Setiap orang punya selera berbeda soal teh, oleh karena itu tidak ada seorang pun yang bisa menyeduh teh sesuai selera Anda,” tambahnya dilansir oleh Metro.co.uk.

“Entah Anda menambahkan susu atau tidak, minum teh yang kental atau encer, yang penting untuk secangkir teh yang sempurna adalah campurannya,” lanjut Sebastian.

“Kerumitan penghitungan persamaan itu mencerminkan banyaknya lapisan yang diperlukan untuk membuat minuman favorit bangsa ini. Meracik teh, seperti meramu whisky atau sampanye, adalah ilmu pengetahuan dan juga seni. Tanpa keseimbangan yang tepat soal rasa, kecerahan dan bodi, teh Anda akan terasa murahan,” terang Sebastian.

Studi Tetley menemukan jika sepertiga peminum teh di Inggris menganggap proses menyeduh adalah faktor terpenting saat membuat teh. Sebanyak 48 persen menyeduh kantong teh selama paling tidak semenit. Satu dari 10 orang suka minum teh dari cangkir khusus teh. Sekitar 3 persen memanaskan susu sebelum dicampur dengan teh.

Hampir tiga perempat responden memilih minum teh tanpa gula. Sementara 17 persen mengganti gula dengan madu atau pemanis lainnya. Semua responden beranggapan jika teh yang diseduh orang lain tidak seenak seduhan mereka sendiri. Hanya 1 persen yang beranggapan teh seduhan orang lain sama enaknya dengan buatan mereka.

Menurut penelitian, mencampurkan terlalu banyak susu atau menghancurkan kantong teh dan memanaskan teh dengan microwave adalah cara terburuk membuat teh. Lantas bagaimana Sebastian menyeduh teh? “Saya menuangnya begitu mendidih. Teh hitam terasa paling enak diseduh dengan air segar dan saat air mendidih. Saat suhu menurun, rasanya akan berubah menjadi lebih baik,” terangnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge