0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aisyah: Matematika Menantang dan Tak Menjemukan

Aisyah Putri Khurin’in, peraih medali perak pada ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Aisyah Putri Khurin’in (14), siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo adalah peraih medali perak pada ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO). Pelajar kelas VIII ini mengaku hobi terhadap Matematika.

“Saya memang hobi matematika karena menantang dan dan tidak menjemukan,” ungkap Aisyah kepada wartawan, di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Rabu (10/1).

Anak kedua dari 3 bersaudara, putri dari Muhammad Al Amin dan dan Masruroh Nur Roini tersebut mengaku suka Matematika karena nggak perlu ngapalin. Soalnya pun dari tahun ke tahun itu selalu berkembang dan tidak monoton.

Irin –sapaan akrab Aisyah Putri Khurin’in, mempunyai impian untuk meraih banyak piala dalam lomba Matematika. Ia harus meluangkan waktu untuk menempa diri dengan mengikuti bimbingan belajar di sekolah bahkan di luar bersama dengan guru pembimbing. Irin mengaku bahwa ia mengikuti kelas olmpiade Matematika di sekolah dan bimbingan belajar di luar sekolah.

“Kalau belajar di sekolah pas hari Rabu. Kalau Sabtunya dengan Pak Tutur Widodo,” kata Irin.

Irin mengaku sudah menggeluti dan suka terhadap Matematika sejak kecil. Awalnya saat duduk di bangku kelas 3 SD, ia berhasil meraih juara dalam lomba Matematika. Setelah itu, ia merasa Matematika itu sesuatu yang seru, kemudian minatnya terpacu untuk mengikuti lomba berikutnya.

“Awalnya saat kelas 3 SD mengikuti lomba Matematika sehingga mendapatkan juara. Lalu saya minta Ibu untuk didaftarkan lomba Matematika lagi supaya dapat piala,” ungkapnya sembari tersenyum.

Prestasi yang pernah diraihnya selain peraih TIMO juga medali emas dalam ajang lomba Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpiAD) tingkat nasional yang diselenggarakan di Lampung pada tahun 2017, meraih medali perak Kompetisi Matematika Terbuka (KMT) PPO Jateng di Semarang tahun 2017. Pernah pula meraih medali perunggu PPO Jateng tingkat Kota Surakarta 2017, medali emas sebagai juara satu pada ajang OlimpiAD Pentas Bora tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang, dan juara ke-2 Moehi National Competition dalam Olimpiade Matematika tingkat Propinsi DIY tahun 2017.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge