0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penipuan Jamaah Umroh

Begini Cara Hannien Tour Menjaring Korban

Sejumlah korban Hannien Tour mendatangi Polresta Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Selain menjerat calon jamah dengan iming-iming promo biaya keberangkatan umroh yang tergolong miring, PT Usmaniyah Hannien Tour juga memberikan cashback dan fee bagi mereka yang berhasil menjaring calon jamaah umroh. Cashback yang diberikan kepada calon jamaah umroh dapat mencapai Rp 5 juta. Sedangkan bagi mereka yang berhasil menjaring calon jamaah akan diberikan fee hampir Rp 1 juta.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, ada beberapa cara yang digunakan oleh Hannien Tour ini dalam menjerat calon korbannya. Mulai dari promo biaya umroh yang murah, cashback hingga fee bagi mereka yang berhasil mendapatkan korban,” terang Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi, Selasa (9/1) siang.

Kasat mencontohkan, jika ada seorang calon jamaah umroh yang mendaftar dengan biaya senilai Rp 28,5 juta maka akan dikembalikan sejumlah Rp 5 juta. Sehingga calon jamaah itu cukup membayar uang tunai sebesar Rp 23,5 juta. Di sisi lain, orang yang berhasil menjaring jamaah tersebut untuk mendaftar di PT Hannien Tour juga mendapatkan keuntungan senilai Rp 750 ribu untuk tiap calon jamaah.

“Apalagi Hannien juga masih memberlakukan paket promo berangkat umroh. Inilah yang membuat banyak korban  tergiur ikut mendaftar di sana,” jelas Kasat.

Hingga saat ini, korban PT Hannien Tour di Kota Solo mencapai 2000 orang lebih. Sementara korban yang telah melapor mencapai 500 calon jamaah umroh.

“Kami mengimbau korban yang belum melapor segera melapor ke Mapolresta Solo. Diharapkan dengan laporan tersebut dapat menjadi temuan baru bagi kami untuk mengungkap kasus tersebut,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge