0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mulai 30 Desember, Ring Road Utara Sragen Berlaku Satu Arah

Jalur ring road utara Sragen (foto: Agung Widodo)

Sragen – Jalur ring road utara Sragen mulai Sabtu (30/12) ini mulai diberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) untuk beberapa titik. Rekayasa lalulintas ini untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.

“Ini untuk mengatur kelancaran lalu lintas, sekaligus menguragi resiko terjadinya kecelakaan. Nantinya arus kendaraan di sepanjang ring road utara hanya diperbolehkan satu arah, menuju ke arah timur saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Muhari, Jumat (29/12).

Namun belum semua ruas jalan tersebut diberlakukan SSA. Sementara ini pihaknya masih melakukan percobaan di ring road utara selama satu bulan.

Selama ini larangan berjalan menuju arah barat hanya untuk mobil. Sedangkan roda dua masih diperbolehkan. SSA ini dilakukan secara bertahap mengingat kondisi jalan arteri yang sangat minim.

Muhari menjelaskan, rekayasa lalu lintas dengan SSA di ring road utara dilatarbelakangi lantaran Jalan Tol Solo-Kertosono (Soker) akan mulai difungsikan. Sebelumnya Dishub juga telah melaksanakan pemberlakuan SSA di tujuh ruas jalan perkotaan Sragen.

foto: Agung Widodo

”Di mana arus kendaraan yang melalui exit tol di Kecamatan Sidoharjo, Sragen akan melewati ring road utara,” ujarnya.

Muhari mengaku tetap menampung aspirasi warga yang keberatan dengan rencana tersebut. Jika dirasa tidak efektif tentu akan ada perubahan. Dalam rencana SSA ini pihaknya juga sudah berkordinasi dengan forum lalu lintas jalan raya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge