0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ngeyel Ada Kembang Api dan Konvoi, Polisi Akan Lakukan Ini

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Warga yang melakukan konvoi kendaraan bermotor saat pergantian tahun baru di Kota Solo bakal ditindak tegas. Selain dinilai mengakibatkan keresahan masyarakat, langkah ini diambil sebagai bentuk untuk menjaga ketentraman dan ketertiban di Kota Bengawan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak merayakan pergantian tahun baru secara berlebihan. Apalagi, sampai melakukan konvoi kendaraan dijalanan,” tegas Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, Jumat (29/12) siang.

Untuk menjaga keamanan saat malam pergantian tahun baru yang jatuh pada hari Minggu (31/12) tersebut, pihaknya bakal mengerahkan sebanyak 1500 personel. Jumlah tersebut masih diback-up dari unsur TNI dan petugas Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

“Personel dari Polresta sebanyak 1.500 personel. Diperkuat dari unsur samping (TNI maupun petugas Pemkot Solo-red),” jelasnya.

Disinggung terkait larangan penggunaan petasan dalam malam pergantian tahun, Kapolresta mengaku pihaknya akan  memperingatkan orang yang menyulut petasan atau kembang api. Jika peringatan tidak diindahkan, maka akan diamankan di pos terdekat.

“Aturannya sudah jelas, tidak boleh menyalakan kembang api dan petasan. Jika ada warga yang kedapatan melanggar aturan tersebut, tentu kami akan bertindak,” jelasnya.

Selain menjaga kondusifitas saat gelaran pergantian tahun, Polresta Solo juga mengantisipasi hal tidak diinginkan terjadi dalam kegiatan car free night (CFN) yang bersifat teror. Sejumlah personel telah disiapkan untuk menjaga simpul persimpangan di Kota Solo. Tak menutup kemungkinan, personel yang disiagakan tersebut akan memeriksa isi kendaraan yang melintas. Atau bahkan, memeriksa bawaan yang dibawa oleh warga yang akan menuju ke lokasi CFN.

“Upaya ini untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan. Kami berusaha semaksimal mungkin,” tegasnya.Sementara, Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifai menghimbau supaya warga masyarakat yang menuju CFN tidak membawa barang berharga sehingga tidak menjadi sasaran kejahatan.

“Kami menyediakan dua pospam (pos pengamanan) saat CFN yakni di Plaza Sriwedari dan Purwosari. Polresta mengimbau kepada warga pada Senin pukul 01.30 WIB harus sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge