0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korban Penipuan Hannien Tour Mencapai 1800 Orang

Dua tersangka kasus penipuan biro perjalanan umrah Hannien Tour (foto: Achmad Khalik)

Solo – Korban penipuan berkedok biro perjalanan umrah Hannien Tour mencapai 1.800 orang dengan total kerugian sebanyak Rp 37,8 miliar. Tak menutup kemungkinan, jumlah tersebut akan meningkat seiring dilakukannya pendalaman kasus tipu-tipu tersebut.

“Total terakhir mencapai 1.800 orang, dengan nilai kerugian mencapai Rp 37,8 miliar,” jelas Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, Jumat (29/12).

Terkait kasus tersebut, dua tersangka telah ditetapkan atas nama Farid Rosyidin (45) sebagai direktur dan Avianto B Satya (51) sebagai sekretaris biro perjalanan umrah Hannien Tour. Keduanya ditangkap di sebuah ruko di kawasan Bekasi.

Disinggung terkait modus yang digunakan, Kapolresta mengungkapkan, tersangka membuka kantor cabang diseluruh Indonesia. Total, terdapat 10 kantor cabang Hannien Tour yang tersebar diseluruh Indonesia mulai dari Kawasan Surabaya, Tasikmalaya, bandung, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Cibinong, Makasar, Pekanbaru, Solo dan Tangerang.

“Ada 10 kantor cabang yang dibuka oleh tersangka. Seluruh calon jamaah yang ingin berangkat umrah menjadi korban,” terangnya.

Terkait kasus tersebut, pihaknya akan menjerat tersangka dengan Pasal 278 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Tak hanya itu, jeratan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge