0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Merampungkan Sertifikat 40 Bidang Tanah

Warga penerima sertifikat tanah program PTSL 2017 (Raymond)

Karanganyar — Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Karanganyar menerapkan berbagai cara guna merampungkan penyertifikatan 40 ribu bidang tanah pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018. Satu diantaranya menggarap dulu bidang tanah berpatok dan tanpa sengketa.

“Begitu DIPA 2018 dicairkan, petugas kami langsung bergerak. Menyosialisasikan ke desa dan menyeleksi bidang tanpa sengketa dulu. Kalau kita dibawa-bawa dalam masalah sengketa, waktu kita enggak cukup. Jadi, akan kita kerjakan yang relatif lebih mudah. Yakni tanah tanpa sengketa. Waktu efektif hanya 10 bulan di 2018,” kata Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Karanganyar, Priyanto kepada Timlo.net, Kamis (28/12).

Selain memprioritaskan penyertifikatan tanah tanpa sengketa, pihaknya juga menerapkan model pelayanan sederhana untuk mempercepat penyelesaian target. Yakni pemakaian aplikasi terbaru untuk mengisi pendaftaran sertifikat saat sosialisasi ke warga.

“Aplikasi itu bisa merampungkan penerbitan sampai 75 sertifikat selama 6,5 jam. Jauh berbeda dengan cara manual,” katanya.

Diminimalisasi pula penggunaan berkas fisik, memangkas birokrasi dan mengalihkannya ke teknologi informasi. Sedangkan keterbatasan jumlah petugas pengukur diatasi dengan perekrutan tenaga upah harian.

“Desa yang sudah terpasang patoknya, silakan langsung hubungi kami. Begitu DIPA 2018 cair, prosesnya langsung dimulai,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge