0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Alasan French Fries McDonald’s Begitu Enak Terungkap

French fries. (rd.com )

Timlo.net—Selain menu burger, McDonald’s juga dikenal untuk french fries buatan mereka. Banyak orang yang merasa ketagihan dengan kentang goreng restoran cepat saji itu. Rasanya begitu memakannya, mereka tidak bisa berhenti dan ingin lagi. Ternyata ada sebuah bahan rahasia yang digunakan McDonald’s supaya french fries mereka berbeda dari yang lain.

Untuk membuat kentang goreng itu, kentang segar dicuci, dikupas, dipotong dan diputihkan di sebuah pabrik. Hal ini terungkap lewat sebuah video yang dirilis perusahaan itu. Pabrik itu lalu menambahkan beberapa zat kimia supaya kentang yang sudah dipotong memiliki warna kuning cerah yang seragam. Tapi zat kimia itu bukanlah rahasia di balik rasa kentang yang memikat. Setelah itu, kentang digoreng kurang lebih semenit sebelum dibekukan dan dikirim ke berbagai cabang McDonald’s. Di restoran, potongan kentang beku itu dimasak dalam minyak dan garam. Setelah itu french fries siap disajikan dalam kotak merah.

Semua proses dalam video terdengar standar. Lantas kenapa rasanya berbeda dari kentang goreng yang lain? Rahasianya bermula pada 1950-an, saat perusahaan penyedia minyak goreng untuk McDonald’s tidak bisa membeli sebuah peralatan. Peralatan itu diperlukan untuk meng-hidrogenasi minyak goreng supaya lebih awet.

Untuk mengakalinya, perusahaan itu memberikan campuran minyak sayur dan lemak sapi, tulis NPR. Seiring waktu, McDonald’s dan jaringan restoran cepat saji lainnya memakai lemak sapi sebagai bahan rahasia untuk french fries mereka. Tapi pada 1980-an, restoran cepat saji itu berhenti memakainya setelah organisasi kesehatan mengkritik mereka. Lemak sapi dianggap berbahaya untuk kesehatan karena kandungan lemak jenuh yang ada di dalamnya.

McDonald’s tetap ingin menjaga rasa sapi di dalam french fries mereka tanpa lemak sapi. Jadi mereka menemukan sebuah solusi. Jaringan restoran cepat saji itu menambahkan rasa sapi alami ke dalam minyak sayur mereka. Sekalipun memiliki nama seperti itu, tapi sebenarnya perasa itu tidak mengandung daging sama sekali. Rasa sapi itu diperoleh dari gandum dan susu yang terhidrolisis. Dua bahan itu menghasilkan rasa daging yang membuat french fries membuat orang kecanduan.

 

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge