0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Program Persertifikatan Tanah di Wonogiri Sesuai Target

Bupati Wonogiri Joko Sutopo didampingi pejabat ATR/ BPN Wonogiri menyerahkan sertifikat kepada pemegang hak di Kecamatan Giriwoyo (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Target pensertifikatan tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2017 di Wonogiri dapat terselesaikan seluruhnya. Saat ini, ribuan sertifikat tersebut sudah tercetak semua dan masuk dalam tahap penyerahan kepada pemegang hak. Di penghujung tahun ini, proses penyerahan sertifikat diyakini kelar.
“Tahun ini target PTSL di Wonogiri sebanyak 9.750 bidang, semua sudah tercetak dan sudah dalam proses penyerahan. Bahkan sebanyak 1.940 sertifikat secara langsung diserahkan Pak Presiden kepada pemegang hak di Sragen beberapa waktu lalu,” ungkap Plt Kepala ATR/ BPN Wonogiri Suwarto melalui Kasie Sengketa Konflik dan Perkara  Heru Eko Marwoto, Kamis (28/12).
Sedangkan sisa sertifkat yang belum diserahkan sebanyak 7.810 bidang. Namun demikian, sejak pekan lalu, sertifikat tersebut sudah dalam proses penyerahan kepada pemegang hak.
Menuurt Heru, ribuan sertifikat tersebut diserahkan kepada pemegang hak di beberapa kecamatan yang terpencar. Seperti di Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, Baturetno, Giritontro, Puhpelem, Girimarto dan Giriwoyo.
“Semua sertifikat sudah jadi (tercetak) dan saya menjamin di akhir Desember ini semua sertifikat sampai kepada pemegang hak,” jelasnya.
Untuk Kecamatan Giriwoyo, jumlah total pensertifikatan melalui PTSL sebanyak 792 sertifikat. Sertifikat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Joko Sutopo kepada enam desa pada Rabu (27/12). Enam desa itu  diantaranya Desa Gedongrejo (200 bidang), Girikikis (125 bidang), Sejati (102 bidang), Selomarto (103 bidang), Ngancar (130 bidang), dan Kelurahan Giriwoyo (132 bidang).
“Sedang di 2018 nanti, target PTSL di Wonogiri mencapai 30 ribu bidang. Kita sangat optimis target itu terlampui, terlebih lagi dukungan Pemkab, khususnya Pak Bupati Joko Sutopo dengan program ini sangat kuat, secara prinsip kita dalam waktu dekat ini akan segera mensosialisasikan program PTSL di Januari 2018,” ujarnya.
Terpisah, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengapresiasi kinerja ATR/ BPN Wonogiri yang mampu menyelesaikan target PTSL 2017 secara tepat waktu. Tak hanya itu, Bupati pun berpesan agar ATR/ BPN dan pemerintah kecamatan dan desa untuk tidak takut akan dosa masa lalu. Dimana, ada sejumlah kasus (Prona/PTSL)  yang menyebabkan beberapa oknum pegawai kecamatan terciduk Satgas Saber Pungli.
“Kenapa takut, mari kita optimis dan berkomitmen menyukseskan PTSL 2018. Yang jelas asal kita  harus bekerja sesuai regulasi yang ada,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge